Satu Rumah Terbakar di Karamatwangi Garut, Pemdes dan Masyarakat Spontan Lakukan Donasi

FOKUS785 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Api diduga berasal dari korsleting listrik menghanguskan sebuah rumah di pemukiman warga Cipangramatan. Kebakaran menimpa rumah Ibu Ratna Kampung Cipangramatan I RT 02 RW 05 Desa Karamatwangi Kecamatan Cikajang, Senin (02/08) malam. Bahan bangunan rumah yang sebagian terbuat dari kayu dan bambu mempercepat rembetan api, namun tidak sempat merembet ke rumah warga lainnya.

Puluhan warga berusaha memadamkan api yang tengah mengamuk dengan air dan pasir. Namun usaha keras warga tak membuahkan hasil karena tiupan angin cukup kencang, ditambah material bangunan yang terbuat dari bahan mudah terbakar.

Kepala Desa Karamatwangi, Gunawan Taufik N, membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi melalui aplikasi whatsapp, “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa pada saat kejadian. Rumah dalam kondisi kosong karena seluruh penghuninya sedang keluar rumah,” Ujarnya.

Setelah mengetahui ada rumah warga yang terbakar, Kepala Desa Karamat wangi bersama warga lainnya beramai-ramai langsung menuju ke lokasi tempat kejadian untuk memadamkan api dengan alat dan bahan seadanya. Ada juga yang berusaha membantu mengeluarkan barang-barang di dalam rumah.

Ditambahkan Gunawan, Api baru padam setelah meluluhlantakkan rumah itu rata dengan tanah, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta. Dan sementara baru ditanggulangi oleh pemerintah desa serta warga sekitar.

“Kami serta warga Cipangramatan secara spontan gotong royong iuran untuk membantu meringankan beban keluarga korban, Alhamdulillah hasil iuran tahap satu baru terkumpul 4.360.000 rupiah dan langsung kami berikan kepada keluarga korban. Insya allah nanti ada susulan iuran dari warga lainnya, ” singkatnya. (gfm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *