Susun Calon Pengurus Masa Bhakti 2020-2025, Ketua Kwarcab Garut : Tanamkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam Hati Masing-Masing

FOKUS1,825 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Masa Bakti 2020-2025, dr Helmi Budiman bersama Tim Formatur, pada Kamis (24/12/2020) di SOR Ciateul, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, memastikan dan menyusun kesiapan calon Pengurus Kwarcab sebagai landasan untuk menentukan kegiatan Kwarcab lima tahun ke depan, sasaran yang diprioritaskan adalah arah pengembangan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Garut.

“Saya berharap dengan memastikan dan menyusun Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Garut yang baru ini dapat mengembalikan semangat Pramuka di daerah. Saya juga berharap pengurus yang sekarang dapat berjalan dengan masif. Para pengurus pramuka bukan hanya sekedar orang-orang yang berbaju coklat dengan memakai kacu merah putih, tapi apa yang telah diucapkan dalam tri satya dan dasa dharma pramuka ditanamkan dalam hati masing-masing,” ungkap Helmi Budiman usai memberikan sambutan pada acara tersebut, Kamis (24/12/2020).

Helmi menuturkan, melalui gerakan Pramuka ini agar menjadi perekat persatuan dan kesatuan, dalam menumbuh kembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme, sehingga para anggota pramuka dapat meingkatkan perannya dalam pembangunan bangsa sebagai perwujudan cita-cita proklamasi kemerdekaan negara Indonesia.

“Sementara untuk susunan pengurus, panitia formatur masih menyusun dan belum selesai. Saya ingin memastikan kesediaan daripada ketua, sekretaris dan bendahara, wakilnya juga kemudian wakil ketua. Nanti dilanjut andalan oleh ketua harian, kesiapan-kesiapannya dan target yang harus dicapai, walapun memang belum detail. Detailnya nanti didalam rapat kerja,” tandasnya.

Disadari atau tidak, lanjut Helmi, semua menyadari bahwa kemajuan pembangunan saat ini telah memberi dampak positif maupun negatif dalam kehidupan dan perkembangan masyarakat lebih-lebih generasi muda. Maka sesuai dengan tujuan dan tugas pokok Gerakan Pramuka senantiasa berfokus pada objek generasi muda atau peserta didik baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

“Dan tentu keberhasilan dan kemajuan Kwarcab juga ditentukan oleh dukungan material, finansial dan organisasi dari Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut yang akan berusaha mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Garut dalam rangka membumikan kegiatan kepramukaan sebagai salah satu pilar pembentukan karakter generasi muda di Kabupaten yang kita cintai,” beber Helmi Budiman yang juga Wakil Bupati Garut.

Dia menambahkan, dirinya sepakat kegiatan kepramukaan merupakan satu langkah yang strategis dilaksanakan oleh gerakan Pramuka sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan dan juga untuk masyarakat gerakan Pramuka di seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Garut.

“Di atas semua itu segenap jajaran Gerakan Pramuka di Kabupaten Garut hendaknya terus menerus memelihara semangat kepramukaan yang ikhlas, rela berkorban dan menolong sesama, mencintai lingkungan yang berlandaskan atas Satya dan Darma Pramuka. Untuk agenda pelantikan insya Allah di bulan Januari 2021, nanti kita serahkan ke Kwarda, kita komunikasikan kapan waktu tepatnya,” pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *