Olah Raga di Rumah Saat Social Distancing, Kadispora Garut : Berikut Olah Raga yang Bisa Dilakukan

FOKUS1,718 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (KADISPORA) Kabupaten Garut, Drs H Kuswendi Msi, sarankan untuk tetap berolah raga di rumah. Ia menilai dalam situasi sosial distancing, masyarakat harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rutin melakukan olahraga.

“Mengahadapi masa penyakit global atau Pandemi wabah Corona (COVID-19), masyarakat harus selalu berolahraga dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Tubuh yang bugar dan sehat, maka system imun tubuh kita menjadi kuat, sehingga dapat melawan/menolak COVID-19 masuk kedalam tubuh kita,” ujar Kadispora Garut, Selasa (14/04).

Dikatakannya, ada beberapa jenis olahraga yang bias dilakukan dipagi hari sekitaran komplek rumah sambil berjemur, seperti jogging, bulu tangkis, tenis lapangan atau tenis meja, aman dilakukan karena ada jarak dengan lawan tandingnya. Dengan diberlakukannya physical distancing, lanjut Kuswendi, yakni, menjaga jarak fisik baik ditempat umum maupun di rumah.

“Halaman rumah pun bisa menjadi alternative untuk berolahraga secara mandiri, bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas olahraga. Ada beberapa jenis olahraga bisa dilakukan di rumah, tanpa harus bersentuhan langsung dengan lawan main,” jelas Kuswendi.

Kuswendi juga menjelaskan, bodyweight exercise, cara paling mudah untuk berolahraga di rumah dengan menggunakan tubuh Anda sendiri. Tidak perlu peralatan tertentu untuk bodyweight exercise, karena sesuai namanya, itu hanya membutuhkan berat badan Anda sendiri. Latihan ini efektif membantu Anda membangun kekuatan, daya tahan, dan membakar kalori.

Selanjutnya ada cardio, yang dapat dilakukan di rumah. Sebab, latihan ini tidak harus membutuhkan banyak ruang atau peralatan mewah. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menyusun rutinitas kebugaran yang mencakup berbagai latihan cardio yang efektif untuk membangun otot, membakar kalori, dan membantu Anda menurunkan berat badan. Agar lebih maksimal, Anda juga dapat menggabungkan bodyweight exercise dengan cardio. Kemudian imbuhnya, Yoga, menjadi salah satu latihan terbaik di tengah penyebaran virus korona. Sebab tak hanya membuat tubuh bergerak, yoga juga bisa menenangkan pikiran dan meredakan stres, yang dapat melemahkan imunitas tubuh Anda.

“Walaupun segalanya harus dilakukan dirumah saja, bukan alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Sebab, gaya hidup tidak aktif atau malas bergerak, juga dapat melemahkan imunitas tubuh Anda, yang justru penting untuk melawan virus termasuk Covid-19,” pungkasnya. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *