Forkopimda Garut Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung di Cibatu

FOKUS1,743 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jajaran Forkopimda Kabupaten Garut meninjau langsung wilayah yang terkena dampak Angin Puting Beliung di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Jumat (17/01). Dalam musibah tersebut, terdapat 30 rumah porak poranda dengan rincian rusak berat 3 unit dan rusak sedang 27 unit yang terjadi pada Jumat (16/01) sore, sekira pukul 15.00 WIB.

Kedatangan Wakil Bupati bersama Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah SIK MIK, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA ST MTr (HAN), Kasdim 0611 Garut Mayor Hamzah Budi Susanto S Sos, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dinas Sosial, Forkopim Kecamatan Cibatu, dan Kepala Desa Kertajaya langsung menuju lokasi bencana.

Di lokasi, rombongan Forkopimda Kabupaten Garut yang dipimpin Wakil Bupati berdialog langsung dengan para korban yang rumahnya terkena dampak angin puting beliung. Helmi menyampaikan bahwa Pemkab Garut bersama TNI-Polri turut bela sungkawa dan tidak tinggal diam dengan musibah yang terjadi. Mengenai bantuan, sampai saat ini masih dilakukan pendataan dan assessment kerusakan dari dampak bencana, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut bersama pihak-pihak terkait.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga Desa Kertajaya yang atapnya rumahnya disapu angin puting beliung.

“Saya meminta, agar BPBD, Perkim dan Dinas Sosial bisa mengintervensi bantuan material pasca bencana untuk korban. Selain aparat, disini kami melihat masyarakat juga bahu membahu saling membantu melakukan evakuasi reruntuhan pohon. Untuk bantuan, nanti kita akan lakukan sesuai prosedur dan warga yang rumahnya tidak layak, akan mejadi prioritas. Semua harus tetap waspada terhadap kejadian serupa di wilayah lainnya,” imbuh Wakil Bupati didampingi Kapolres Garut dan Dandim 0611 Garut.

Disampaikan Helmi Budiman, bahwa pihaknya akan segera menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan, selanjutnya bantuan material untuk mempercepat pembangunan rumah-rumah yang rusak. Dirinya berharap tidak ada lagi angin kencang yang terjadi di wilayah Cibatu atau wilayah lainnya di Kabupaten Garut.

Sementara, dalam keterangannya Camat Cibatu, Sardiman Tanjung mengungkapkan, dalam kejadian musibah angin puting beliung tidak terdapat korban jiwa, hanya ada beberapa warga yang mengalami luka ringan hingga patah tulang dan sudah ditangani oleh puskesmas dan RSUD setempat.

“Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa ini, hanya warga ada yang mengalami luka ringan dan berat hingga ada satu warga yang mengalami patah tulang dan itu sudah ditangani oleh Puskesmas dan RSUD dr Slamet, bantuan pun sudah diberikan kepada korban terdampak,” Kata Camat Cibatu. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *