Wakil Bupati Garut, DOB Garsel Harus di Dukung PAD dan Sumber Daya Manusia

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,123 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Deklarasi Pemekaran Kabupaten Garut Selatan, terpusat di Lapang Kiara Kohok Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Minggu (15/09). Puluhan ribu warga Garut Selatan dari 16 Kecamatan. Hadir Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, tokoh Garut Selatan Prof Dr. Nanat Fatah Natsir, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Suryana, Anggota DPRD Garut Dapil 3, Presidium, unsur Forkopimcam, Ketua Panitia Penyelenggara Dedi Kurniawan dan tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara digelar dua hari berturut-turut, yakni Deklarasi pemekaran, Lounching Persigarsel, Senam masal, Bazar, Pentas Seni dan Budaya, Layanan SIM Keliling, Samsat keliling dan KIR Masal. Pengucapan Deklarasi dan Pernyataan Sikap pemekaran Kabupaten Garut Selatan dipimpin oleh Anggota DPRD Provinsi Ade Suryana atau sapaan akrab Ade Kaca yang juga putra asli Garut Selatan. Berikut kata kata Deklarasi Pernyataan Sikap Warga Garut Selatan,

“Kami warga masyarakat Garut Selatan menyatakan, mendukung terhadap rencana pembentukan daerah persiapan Garut Selatan. Dan mendesak Presiden dan DPR, untuk segera mencabut moratorium pemekaran, untuk segera menetapkan daerah persiapan Garut Selatan. Pameungpeuk 5 September 2019, tertanda, Warga Garut Selatan”.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman dalam sambutannya menuturkan, bahwa daya pendukung pemekaran Kabupaten Garut Selatan harus di dukung juga dengan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang memadai. Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus ditingkatkan dari berbagai sektor, baik itu sektor pariwisata, pertanian dan lainnya.

“Warga Selatan semua dan para pegawai di Garut selatan harus siap. Rumah Sakit sudah ada, tiap-tiap Puskesmas sudah bagus, bahkan ada yang juara Nasional. Pun didukung kesiapannya dengan kelembagaan masyarakat, ada Kader PKK dan Posyandu, Karang Taruna dan lainnya,” kata Helmi.

Dikatakan Helmi, semua infrastruktur yang ada memang belum semuanya memadai. Dengan rencana DOB Garut Selatan, mudah-mudahan bisa segera terwujud. Tahun yang akan datang Pemkab akan menganggarkan untuk pembangunan gedung pendopo dari APBD Kabupaten Garut.

“Atas nama Pemerintah Daerah terutanya kami merespon positif dengan DOB Garut Selatan ini, tentunya kesiapan dari kita semuanya warga Garut Selatan, tahun depan akan dianggarkan untuk pembangunan gedung Pendopo disini,” kata Wabup Helmi.

Selain Deklarasi pernyataan sikap, panitia juga gelar launching liga Persigarsel, yang mana ini diharapkan para pemuda generasi olahraga, memunculkan atlet sepakbola yang handal dan dapat bersaing sekala regional dan nasional.

Reporter   : (Ndy)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *