Dosen Fakultas Pertanian Uniga, Tingkatkan Potensi Komoditas Kentang Lewat Pengabdian Masyarakat

FOKUS, MIMBAR EDUKASI1,351 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengabdian kepada Masyarakat menjadi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan selain bidang Penelitian dan Pendidikan. Tidak hanya mengajar, hal ini juga menjadi tugas dosen untuk dapat mengaplikasikan ilmu ataupun hasil penelitian yang didapat untuk dapat diterapkan di masyarakat.

Salah satu programnya melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dibantu oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Melalui program tersebut salah satu dosen Fakultas Pertanian Universitas Garut (Uniga), Rama Adi Pratama, S.P., M.P ini menerapkan keilmuannya di Desa Cintanagara Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut.

Rama yang merupakan dosen program studi Agroteknologi Faperta Uniga tersebut, berusaha membantu masyarakat dengan memberikan pelatihan serta pendampingan bidang pertanian dalam mengelola usaha budidaya kentang dari aspek hulu sampai hilir. Baik proses produksi benih sampai dengan pemasaran. Selain itu juga memberikan wawasan serta pengenalan teknologi tentang pengembangan unit usaha yang berpotensi meningkatkan nilai ekonomi dari tanaman kentang itu sendiri.

Rama Adi Pratama, S.P, M.P., mengatakan, dalam kegiatan ini, ia mendukung pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam mengembangkan wilayah yang berpotensi sebagai wilayah Agroindustri. Seperti diketahui komoditas Kentang juga menjadi salah satu komoditas primadona di Kabupaten Garut.

“Kegiatan ini membantu masyarakat dapat membantu manajemen usaha serta mengembangkan unit usaha budidaya kentang agar memiliki nilai yang lebih tinggi,” ujarnya, Rabu (14/8/2019)

Dengan begitu, jelasnya, kemandirian desa akan terbentuk dan masyarakat lebih maju dan sejahtera.

Dalam kegiatan ini selain melibatkan mahasiswa juga melibatkan para dosen Fakultas Pertanian Uniga Program Studi Agribisnis, diantaranya, Dr. Tintin Febrianti, S.P. M.P., dan Vela Rostwentivaivi S.E., M.Si., serta Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Ati Atul Quddus, S. Pt., M.Si.

Reporter : (Tresiyana)***

Editor : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *