Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Kukuhkan 25 Anggota Muda Anggota Unit SAR 0905

FOKUS1,206 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Momentum akhir Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, d Helmi Budiman, kukuhkan 25 Anggota Muda Anggota Unit SAR 0905 Kwarcab Garut, di Sarana Olah Raga (SOR) RAA Adiwijaya Tarogong Kidul, Minggu (31/12/2023).

Ka Kwarcab Garut, Kak Helmi Budiman, menyampaikan, tahapan perekrutan anggota Unit SAR 0905 Kwarcab Garut dilakukan dengan tiga tahapan. Tahap penjaringan dan pra pendidikan, dilaksanakan pada Bulan Nopember 2023 di Sekretariat Kwarcab Garut Jalan Pasundan, dan tahap akhir dilaksanakan tanggal 25 sampai 31 Desember 2023 di Bumi Perkemahan Situ Ciberem Kecamatan Samarang.

“Materi lapangan diantaranya, Diklat Pencarian dan Pertolongan Angkatan Ke-XXIV Tahun 2023, dengan tema membentuk karakter rescuer yang solid serta responsif melalui pendidikan pencarian dan pertolongan. Motto, Satyaku ku Darmakan, Darmaku ku Baktikan. Waktu pelaksanaan, dimulai dengan penerimaan pada bulan Oktober 2023 dan masa pelaksanaan pendidikan dasar Bulan Desember 2023,” tutur Kak Helmi Budiman.

Dijelaskan Kak Helmi, peserta kegiatan diklat pencarian dan pertolongan adalah anggota Gerakan Pramuka yang ditugaskan oleh Kwartir Ranting, Perguruan Tinggi, dan Gugus Depannya untuk mengikuti Kegiatan Diklat Pencarian dan Pertolongan yang terdiri dari utusan Kwarran, DKR. Ambalan. Perintis dan Pamong Unit SAR 0905, Basarnas, Sekolah Vertical Rescue Indonesia, Pusdiklatcab, Praktisi Kegiatan Alam Terbuka, BPBD Kabupaten Garut, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Garut.

“Materi yang diberikan adalah, materi umum, dinamika kelompom, keterkaitan Gerakan Pramuka dalam penanggulangan bencana alam, sejarah Unit SAR 0905. Materi pokoknya, evakuasi, komunikasi SAR (Komrad), MFR (Kesehatan Lapangan), navigasi darat PPM, Survival, tandu darurat, teknik pencarian (ESAR), mountainnering, water rescue,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Helmi, ada materi tambahan yakni, manajemen kebencanaan, pengetahuan organisasi SAR, Fire Rescue, dapur umum, dan long macrh. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *