Diikuti 750 Pesilat, Ketua IPSI Kabupaten Garut Gelar Technical Meeting Kejuaraan Lomba Seni dan Festival Pencak Silat

FOKUS861 views

HARIANGARUTNEWS.COM — Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut, Agus Mulyana membuka kegiatan technical meeting Kejuaraan Lomba Seni dan Festival Pencak Silat dalam rangka hari jadi diakuinya Pencak Silat oleh Unesco kategori budaya tak benda dan memperebutkan Piala Wakil Bupati. Kegiatan dilaksanakan di Sekretariat IPSI Kabupaten Garut, Jalan Proklamasi, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (07/12/2022).

Adis, sapaan akrab Ketua IPSI dalam sambutannya memberikan apresiasi serta semangat kepada para atlet yang mengikuti kejuaraan lomba tersebut.

“Selamat bertanding kepada para atlet yang mengikuti kejuaraan ini serta junjung tinggi sportivitas. Para pendekar pencak silat telah melewati tahap latihan dan sekarang saatnya berikan yang terbaik untuk mengukir prestasi yang membanggakan,” ujar Adis usai memaparkan tekhnik pertandingan lomba kepada seluruh peserta.

Dewan Penasehat dan Pengurus IPSI Kabupaten Garut memaparkan tekhnik pertandingan.

Menurut Adis, Pencak Silat juga merupakan salah satu warisan seni budaya. Ia meminta kepada pengurus paguron untuk terus semangat dalam memajukan dunia olahraga di bidang pencak silat. Kegiatan sendiri akan digelar pada 14-17 Desember 2022 di SOR Ciateul.

“Untuk itu, kita sebagai generasi penerus harus terus melestarikannya. Pencak silat kini menjadi salah satu cabang olah raga yang digemari, dan kita patut bangga. Terakhir, semoga niat dan semangat para paguron semua diberikan kemudahan, keberkahan dan diberikan kelancaran hingga jelang pertandingan,” ujarnya.

Adis mengatakan kejuaraan ini sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan prestasi guna mencari bibit-bibit baru pencak silat, dengan harapan akan hadir atlit pencak silat yang handal. Lomba ini, kata Adis, menjadi bentuk kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk memajukan prestasi olahraga di kabupaten Garut khusunya dalam cabang olahraga pencak silat.

“Disamping itu tujuan dari Kejuaraan Pencak Silat ini adalah mempererat tali persaudaraan sesama perguruan, rasa kesetiakawanan sesama anggota pencak silat, menghindarkan generasi muda dari bahaya narkoba dan sejenisnya dengan kegiatan positif. Peserta yang mengikuti kejuaraan ini, dari atlet pelajar dan dewasa seluruh perguruan pencak silat di wilayah Kabupaten Garut dengan total sebanyak 750 atlet,” pungkasnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut Dewan Penasehat IPSI Kabupaten Garut, HDede Hermawan, Ketua Bidang Seni, Dudung Rustandi, Kabid Juri, Erwin Muhamad Dahlan, Ketua Pelaksana, Igie N. Rukmana, dan para Ketua Paguron/Perguruan Pencak Silat Se-Kabupaten Garut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *