Kunker Sosialisasi Pemilu 2024 oleh KPUD Ke Parpol, Ketua DPC Demokrat Garut Sampaikan Apresiasi

FOKUS, POLITIK699 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut di pimpin langsung oleh Ketua KPUD Garut, Junaidin Basri, pada Senin (21/03/2022) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat.

Rombongan Komisioner KPUD Garut ini diterima langsung oleh Pengurus DPC Partai Demokrat, di Aula/Gedung Manggala Karya Bhakti, Jalan Proklamasi Blok Anggrek No 1, Jayaraga, Tarogong Kidul.

“Ini kunjungan yang ke delapan ke partai politik yang ada di Kabupaten Garut,” ujar Ketua KPUD Garut, Junaidin Basri.

Junaidin Basri menyampaikan, kunjungan kerja yang dilaksanakan adalah dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Garut dan partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) mengenai Peraturan KPU Nomor 21 Tahun 2022 tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara untuk Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yakni hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dijelaskan Ketua KPUD Garut, sehubungan hari pemungutan suara sudah ditetapkan, maka tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, rancangan draf mengenai tahapan Pemilu, di bulan Agustus 2022 dibuka pendaftaran peserta partai politik. Bulan Desember 2022 penetapan Partai Politik dan Peserta Pemilu 2024.

“Sekitar bulan Januari sampai April 2023, penetapan Daerah Pemilihan (Dapil). untuk Garut karena hak pilihnya masih di bawah tiga juta, maka tetap 50 kursi untuk DPRD,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Junaidin Basri, pada Bulan Mei 2023, tahapan pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, Capres dan Cawapres.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Garut, HAhmad Bajuri SE MM mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada KPUD Garut yang sudah mensosialisasikan penetapan hari pemungutan suara.

“Tolong di sampaikan, kami dari Partai Demokrat mengucapkan terima kasih kepada KPU Pusat tentang penetapan hari pemungutan suara pada Hari tanggal 14 Februari 2024. Tanggal 14 atau angka 14 yang kebetulan nomor Partai Demokrat. Ini merupakan salah satu motivasi bagi kami kader Demokrat untuk berbenah diri dan bekerja keras untuk memenangkan Pemilu di tahun 2024,” ungkap Ahmad Bajuri.

Terkait rencana perubahan Dapil di Kabupaten Garut, pihaknya kata Bajuri, sangat mendukung langkah tersebut. Namun ia mengingatkan, perubahan Dapil tidak hanya melihat demografi, tapi juga harus memperhatikan jumlah pemilih dan jumlah kursi per-Dapil, sehingga Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) proporsional dalam menentukan kuota kursi per-Dapil.

“Kami juga berharap KPUD mensosialisasikan hal tersebut ke stakeholder yang ada di Kabupaten Garut, dan kami juga meminta agar KPUD Garut mensosialisasikan ke ormas-ormas yang ada di Kabupaten Garut,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Bappilu DPC Partai Demokrat Garut, Budi Rahadian SH mengatakan, kunjungan kerja dan silaturahmi dari KPUD Garut merupakan bentuk silaturahmi serta sinergitas antara penyelenggara Pemilu dengan partai politik sebagai peserta Pemilu. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *