Hadir dalam Seleksi Calon Perangkat Desa di Bayongbong, Ini Pesan Kabid Pemdes DPMD Garut

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,344 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Untuk mengisi kekosongan jabatan Perangkat Desa, Pemerintah Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, menggelar seleksi untuk jabatan Kepala Dusun (Kadus) pada Jumat (11/02/2022) di gedung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Garut.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kabid Pemdes DPMD) Kabupaten Garut, Idad Badrudin SE, yang menyerahkan langsung dokumen soal tes tulis untuk seleksi calon Perangkat Desa.

Dalam sambutanya, Kabid Pemdes menyebut bahwa saat ini tidak ada lagi opini tentang perangkat desa titipan pihak manapun dan perangkat tidak bisa di ganti. Menurut Idad, justru saat ini ada penilaian tertentu bagi perangkat desa. Yang lalai serta tidak mampu lagi menjalankan tugasnya, meninggal dunia serta mengundurkan diri, maka pemerintah desa segera membentuk tim seleksi untuk secepatnya mengisi kekosongan jabatan.

“Seperti yang dilaksanakan oleh Desa Panembong Kecamatan Bayongbong saat ini,” ujar Idad.

Pantauan media, seleksi calon perangkat desa untuk mengisi jabatan Kepala Dusun (Kadus) tersebut, diikuti oleh 4 orang peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos test tahapan administrasi oleh pihak Panitia. Adapun nama-nama peserta antara lain Dede Muhadab, Aldin nurfaidin, Ikhsan pebrian dan Triawan.

Sekretaris Panitia Seleksi, Yusera mengatakan, dari empat peserta yang mengikuti seleksi tersebut semuanya telah lolos tes administrasi dan tidak ada yang kekurangan berkas. Materi seleksi Calon Kadus sendiri, kata dia, meliputi wawasan soal Undang Undang Desa, Kebhinekaan, materi tentang Pancasila, serta hal-hal yang menyangkut dengan tugas pokok fungsi aparatur desa.

“Sedangkan soal tes praktek memuat materi perintah administrasi yang dikerjakan oleh Komputer. Dan pada akhirnya seluruh rangkaian tes tersebut dimenangkan oleh peserta atas nama Dede Muhadab dengan akumulatif nilai 87,54,“ ungkapnya.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Desa Panembong, Yanto Kriswanto, menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPMD Garut yang telah hadir dan turut memberikan arahan dalam pelaksanaan, serta seluruh jajaran panitia seleksi yang telah melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, karena proses seleksi ini berjalan dengan sukses, aman, lancar, dan kondusif. Selain itu dilakukan secara terbuka dan transparan. Semoga peserta yang lolos seleksi menjadi aparat desa yang handal, serta dapat memberikan kontribusi kemajuan Pemerintah Desa, dan masyarakat Desa Panembong umumnya,” harap Yanto. (Adam B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *