Pemdes Desa Wanajaya Garut Bagikan PMT Untuk Pencegahan Stunting

FOKUS647 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut di bawah kepemimpinan Iif Firman Nurdin melakukan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam rangka pencegahan stunting, bagi 184 anak usia 0-6 tahun, anggaran dana desa tahun 2021, yang dilaksanakan di wilayahnya selama 45 hari.

“Anak-anak kita adalah masa depan bangsa. Memperhatikan pemenuhan asupan gizi sangat diperlukan untuk tumbuh dan kembang mereka. Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan, Desa Wanajaya di tahun 2021 ini mengalokasikan anggaran untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi anak usia 0-6 tahun, dalam upaya mencegah stunting melalui Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), berupa makanan bergizi bagi 184 anak usia 0-6 tahun,” ungkap Kades Wanajaya, Jumat (04/02/2022).

Kades Wanajaya melanjutkan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap anak dalam rangka pencegahan Stunting di Desa Wanajaya ini bisa membawa perubahan yang berarti dalam rangka pencegahan stunting di wilayahnya. Dengan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini, kata Iif, diharapkan mampu menyadarkan orang tua akan pentingnya menjaga pola makan anak agar tidak stunting.

“Pencegahan dan penyelesaian masalah stunting juga tidak terlepas dari konsumsi nutrisi yang diantaranya berupa ASI eksklusif untuk anak berusia 0-6 bulan, serta makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 bulan-2 tahun dan Pemberian Makanan Tambahan bagi anak dengan makanan keluarga.
Selain Pemberian Makanan Tambahan (PMT) perlu alternatif yaitu penyediaan PMT secara mandiri yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah namun tetap memenuhi gizi. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di Desa untuk diolah menjadi PMT,” bebernya.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak ini, kata Iif, sejalan dengan program Bupati Garut dalam mencegah stunting. Untuk itu, pentingnya sinergi bersama seluruh pihak baik Pemerintah, lembaga masyarakat, hingga masyarakat luas dalam memenuhi gizi anak dan mencegah stunting, mengingat anak adalah harapan bangsa dan tanggungjawab bersama.

“Masalah stunting pada balita secara langsung disebabkan oleh asupan gizi yang kurang mencukupi. Oleh sebab itu kami pemerintah desa, membantu mencukupi kebutuhan gizi warga, khususnya balita. Apa saja langkah yang sudah dilakukan, harus kita tingkatkan untuk mewujudkan program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Garut,” pungkas Kades Wanajaya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *