Permudah Lansia Ikut Vaksin, Kades di Banyuresmi Garut Buka Layanan di Rumahnya

HARIANGARUTNEWS.COM – Upaya percepatan sasaran warga dalam program vaksinasi, Kepala Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, gencar melaksanakan vaksin massal diwilayah desanya.

Untuk memenuhi target, pelayanan suntik vaksin bukan hanya di kantor desa saja. Hari ini, Rabu (28/10/2021) di halaman rumah kediamannya yang berada di Kampung Cikarokrok RT 03/05, dijadikan tempat pelayanan vaksin warga masyarakatnya.

Pantauan hariangarutnews.com, mampak sejak pagi hari warga masyarakat berdatangan mengantri mendaftarkan untuk vaksin. Beberapa warga mengaku ada yang vaksin dosis dua ada juga yang dosis 1 alias baru pertama kali.

“Iya ema mau divaksin, baru pertama kali,” ucap Ma Iron,salah seorang warga lansia dari Kampung Cikarokrok RT 03/05.

Kepala Desa (Kades) Sukasenang, Iwan Ridwan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengatakan, pelayanan di depan rumahnya tersebut agar warga sekitar yang belum divaksin tidak merasa jauh kalau berangkat ke kantor desa.

“Alhamdulillah saat ini di Desa Sukasenang dari semua warga yang wajib vaksin, mencapai diangka 70 persen sudah divaksin,” ujar Kades Iwan.

Dijelaskan Kades Iwan, pelayanan vaksin saat ini untuk dosis 1 dan 2 serta semua jenjang usia. Menurutnya, untuk ketersediaan dalam pelayanan vaksin, ada 1.000 dosis yang disediakan tim medis dalam pelaksanaan.

“Kita sediakan 1.000 dosis saat ini. Dan target kami dari 12 ribu warga, sekitar 70 persen sudah divaksin. Alhamdulillah juga untuk dosis kita tersedia atas kerjasama dengan TNI, Polri dan Dinas Kesehatan,” terang Kades Sukasenang.

Sementara Kepala Puskesmas (Kapus) Sukasenang, dr Sri Cahyatiningsih, menuturkan, khusus pelayanan saat ini di Kampung Cikarokrok sengaja dengan sistem jemput bola untuk warga lansia. Karena menurutnya, capaian target lansia ini dipandang masih kurang dan bukan hanya Desa Sukasenang saja. Lima desa yang menjadi wilayah kerjanya, untuk capaian lansia jumlahnya masih kurang.

“Kami menyebutnya kita ini sweeping, berharap dengan mendekatkan diri ke tempat masyarakat, yang tadinya susah atau ada halangan untuk datang ke puskesmas, didekatkan sehingga bisa vaksin semuanya,” tutur Kapus Sukasenang.

Targetnya, sambung Sri, vaksin lansia ini minimal 50% bisa tervaksin. Untuk Bulan Oktober 2021, imbuh dr Sri, sasaran di Desa Sukasenang sudah lebih dari 50%, untuk anak sekolah dan masyarakat umum, tinggal lansia-nya.

“Kalau misalkan sekarang ini tercapai yang Bulan Oktober, InsyaAllah Bulan Nopember sasaran di Sukasenang ini tinggal sedikit, akan mencapai 70% yang Herd Immunity,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *