Da’i Al Azhar Cairo Mesir Datangi Al Mashduqi Boarding School Garut

FOKUS834 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Syaikh Ahmad Umar Taj, Da’i utusan Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir mendatangi salahsatu Boarding School terbaik di kabupaten Garut, yakni Al Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut. Boarding School tersebut mengimplementasikan Kurikulum Internasional, yakni Kurikulum Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir dalam pembelajarannya.

Kepala Departemen Pengasuhan AMBS Garut, KH. Muhammad Ikmal, Lc. Al Hafidz mengatakan pada Jum’at (08/10/2021) lalu, Syaikh Ahmad Umar Taj, Da’i utusan Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir mendatangi Boarding Schoolnya.

“ Alhamdulillah pada Jum’at malam kemarin Syaikh Ahmad Umar Taj tiba di AMBS Garut, beliau bermalam di Guest Room AMBS, untuk selanjutnya beliau menjadi Imam pada Sholat Subuh berjama’ah dengan seluruh Santri Murid AMBS Garut, dan dilanjutkan membersamai pembelajaan Tahsin Al Qur’an para Santri Murid,” tuturnya. Senin (11/10).

Syaikh Ahmad Umar Taj, imbuh KH Muhammad, merupakan salah seorang Syaikh yang ditugaskan Al Azhar Cairo Mesir sejak tahun 2019, untuk menjadi Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir di Indonesia. Beliau alumni Universitas Al Azhar Mesir yang juga pemegang Sanad Qiro’at Al Qur’an dan menjadi juara di beberapa event Musabaqoh Hifdzil Qur’an Internasional.

Dalam kesempatan kunjungan ke Al Mashduqi Boarding School Garut kali ini, Syaikh Ahmad Umar Taj mengisi salah satu Program Unggulan AMBS Garut yakni pembelajaran Al Qur’an.

Disampaikan Ustadz Muchtar Arifin, SS. Al Hafidz selaku Kepala Departemen Peningkatan dan Pengembangan Mutu Akademik AMBS Garut, para Santri Murid sangat antusias mengikuti pembelajaran Al Qur’an bersama Syaikh utusan dari Al Azhar Cairo Mesir tersebut. Mulai dari pembelajaran Tahsin Al Qur’an, Hifdzil Al Qur’an serta Stadium General mengenai Motivasi Menghafal Al Qur’an dan Penguasaan Bahasa Arab.

“ Syaikh Ahmad Umar Taj menyampaikan kepada seluruh Santri Murid AMBS Garut akan pentingnya menuntut ilmu dengan serius, baik itu ilmu agama ataupun ilmu umum, dan sebagai generasi muda muslim tentunya sejak dini mempunyai kewajiban mempelajari, membaca, menghafal dan juga jangan lupa mengamalkan isi Al Qur’an. Jadi tidak cukup hanya sampai menghafal tanpa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan juga karena Al Qur’an tersebut berbahasa Arab, maka diperlukan sejak dini penguasaan Bahasa Arab yang baik, tujuannya tidak lain diantaranya untuk memahami isi dari Al Qur’an tersebut secara utuh, ” papar Ustadz Muchtar.

Syaikh Ahmad Umar Taj Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir, sedang menguji hafalan Al Qur’an santri murid Al Mashduqi Boarding School Garut

Lanjut disampaikan Ustadz Muchtar, pembelajaran diakhiri dengan pengujian hafalan Al Qur’an dan kemampuan percakapan Bahasa Arab para Santri Murid AMBS Garut, serta pemberian Syahadah dari Syaikh Ahmad Umar Taj kepada para Santri Murid yang dinyatakan lulus. Dipandu oleh KH. Zayyan Hadyan, Lc. M.Ag, Kepala Departemen Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Antar Lembaga AMBS Garut.

Kedatangan Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir ke AMBS Garut kali ini didukung penuh oleh Paguyuban Alumni Al Azhar Mesir (PAAM) Jawa Barat. Organisasi yang menaungi seluruh alumni Universitas Al Azhar di Jawa Barat. Turut hadir di AMBS Garut bersama Syaikh  Ahmad Umar Taj, Ketua Umum PAAM Jawa Barat KH. Yanyan Sofyan, Lc., yang didampingi jajarannya KH. Yopi Nurdiyansyah, Lc., KH. Farid Muhammad Ramdani, Lc., M.Pd.

Pada akhir kunjungan Sabtu malam, Ketua PAAM Jawa Barat meyampaikan dukungannya, “Kami sangat mendukung sekali sekaligus dengan bangga memfasilitasi kunjungan Mab’uts Da’I Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir ke AMBS Garut, ini merupakan sebagai bagian ikhtiar kita dalam menginspirasi dan mendakwahkan washatiyyah Islam berlandaskan tradisi keislaman ahlussunah wal jama’ah”. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *