Desa Margamulya Cikajang Punya Smart Greenhouse, Kadis DPMD Garut : Kita Dorong Petani Kopi Garut

SEPUTAR GARUT2,343 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Program Desa Sejahtera Astra dan peletakan batu pertama Smart Greenhouse, berlangsung di Desa Margamulya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Sabtu (08/02/2020) kemarin. Mewakili Bupati Garut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Garut sebut Smart Greenhouse ini bisa mendorong kemajuan bagi masyarakat petani kopi.

Kepala DPMD Kabupaten Garut, Drs. H. Aji Sukarmaji M.Si, didampingi Sekretaris Dinas DPMD Garut Asep Jaelani, M.Pd, mengatakan, Program Desa Sejahtera Astra dan peletakan batu pertama Smart Greenhouse sangat bermanfaat dalam mendorong masyarakat khususnya petani kopi di empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama.

“Mudah-mudahan, potensi kopi yang sangat bagus ini bisa diolah dengan ada CSR maupun pendampingan dari IPB sehingga bisa berdampak untuk penjualan dan pemasarannya. Terus peningkatan pelatihan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang khususnya dikelola oleh BUMDes,” ucap Aji.

Dikatakan Aji, DPMD Garut mendorong salah satunya bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat melalui BUMDes. BUMDes bersama adalah potensi yang sangat besar, supaya produknya menjadi lebih bagus lebih tinggi dan jaringan pemasarannya lebih bagus ke depannya.

Sekdis DPMD Asep Jaelani, mengapresiasi dan mendukung kegiatan di Desa Margamulya khususnya, dengan adanya kerjasama yang dilakukan oleh IPB terhadap BUMDes bersama. DPMD kedepan punya perkerjaan rumah besar, artinya jangan sampai acara ini hanya acara seremoni saja. Harus ada pembinaan dan pemantauan agar kegiatan yang dilaksanakan hari ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Terpisah, Camat Cikajang, Undang Saripudin, M.Si, menyambut baik kegiatan tersebut dan mengucapankan terima kasih atas perhatian Astra dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kita sangat bersyukur Alhamdulillah, karena ada perhatian dari pihak Astra dan juga dari pihak IPB. Ini sebuah kebanggaan bagi kita bahwasannya ada perhatian khusus kepada jago-jago kopi di Kecamatan Cikajang, terutama terhadap BUMDes di 4 desa, yakni Desa Cikandang, Margamulya, Simpang dan Mekarsari. Alhamdulillah semua hadir dan warga masyarakat begitu antusias. Demikian pula saya sangat berterima kasih kepada pihak Astra dan juga pihak IPB,” kata Camat Cikajang. (Ricky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *