Antisipasi Bencana Longsor, Koramil 1122 Pakenjeng Kodim 0611 Garut Bersama Warga Tanam Pohon Vetiver

SEPUTAR GARUT1,296 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Koramil 1122 Pakenjeng dipimpin langsung Danramil Kapten Kav Toto P, bersama warga masyarakat setempat, gelar penanaman pohon Vetiver di Kampung Awi Tali, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jumat (07/02).

Turut hadir dalam penanaman, Kasi Trantib mewakili Camat Pakenjeng, Ketua RT, RW dan warga setempat. Luas tanah yang ditanam ± 2 Are (200 meter persegi) berbentuk perengan, yang mana lokasi tersebut pada bulan Desember 2019 lalu pernah terjadi longsor tanah, jumlah tanaman Vetiver yang ditanam 4 Karung.

Danramil 1122 Pakenjeng Kapten Kav Toto P, mengatakan, kegiatan dilakukan untuk antisipasi sering terjadinya longsor di musim penghujan tahun ini.

“Menyikapi sudah masuk musim penghujan, sehingga mengakibatkan sering terjadi tanah longsor,” ucap Danramil, Jum’at (07/02).

Dikatakan Danramil, Seringnya laporan adanya tanah longsor di wilayah Kabuoaten Garut. Dandim 0611 Garut mengintruksikan ke jajaran Koramil di Wilayah Kodim 0611 Garut, untuk menanam pohon Vetiver, pohon ini bisa mencegah tanah longsor karena mempunyai akar yang panjang sehingga sangat kuat menahan tanah dan ini sudah dibuktikan dibeberapa daerah.

Lanjut Danramil, hal ini merupakan bagian dari kewajibannya juga untuk membantu permasalahan di masyarakat.

“Sudah menjadi kewajiban kami untuk membantu kesulitan masyarakat, khususnya masalah yang sering terjadi yaitu tanah longsor, Pohon Vetiver ini sangat cocok untuk mencegah tanah longsor sudah dibuktikan di beberapa daerah dan memang terbukti tanah tersebut tidak lagi terjadi longsor. mudah mudahan dg ditanam nya pohon vetiver ini tidak lagi terjadi longsor di wilayah ini,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *