Menangkal “Bank Emok”, Ini Cara yang Dilakukan Kades Sindangsuka Garut

SEPUTAR GARUT3,997 views

HARIANGARUTNEWS.COM –  Menjamurnya bank Emok yang masuk ke lingkungan perkampungan masyarakat desa, sehingga tak sedikit korban terutama para ibu rumah tangga yang semula tergiur rayuan pinjaman yang cepat dan cukup besar. Tetapi akhirnya banyak yang terjerat, selain berupaya melakukan tutup lobang, ada pula yang rumah tangganya berantakan karena suaminya tak mengetahui isterinya memiliki pinjaman di bank Emok tersebut.

Kondisi ini membuat keprihatinan kepala desa Sindangsuka kecamatan Cibatu, Turnawan. Dirinya tidak ingin menjadi masalah berkempanjangan di warganya, sehingga muncul ide akan menyalurkan bantuan ke tiap Rw untuk dikelola bagi kebutuhan emak-emak.

“Polanya sama seperti simpan pinjam, tetapi tidak sampai memberatkan bagi ibu-ibu sebagai peminjam. Rw harus membentuk kepengurusan yang solid, kemudian mengelola keuangan untuk keperluan para ibu rumah tangga yang membutuhkan,” ujar Turnawan saat ditemui di kantornya, Senin (23/12).

Tambahnya, ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat selain membangun insfratuktur fisik. Pihaknya tidak bisa melarang warga meminjam ke bank Emok karena itu haknya, sekalipun harus mencegah, mesti ada solusi yang bisa dilakukan oleh pemerintah desa itu sendiri.

“Tadinya akan membuat spanduk larangan bank Emok masuk ke wilayah kami, tetapi jika tak ada solusi menangani masalahnya, maka upaya kita akan menjadi masalah. Nah, berbeda jika kita sendir memberikan solusi, pasti akan melakukan itu,” imbuhnya.

Turnawan, kepala desa yang belum lama ini dilantik merupakan mantan kepala desa di periode sebelumnya. Ia dikenal getol mengunjungi warganya dan kerap turun tangan jika menghadapi masalah yang menimpa warga.

“Kami sudah menganggarkan untuk membantu masyarakat yang kesulitan. Akan diserahkan ke tiap Rw untuk membentuk pengurusnya sebagai pengelola. Ini merupakan tangungjawab kita sebagai pemerintah dalam mengatasi bank Emok,” tegas Turnawan. (Bulan)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *