Kasubag Humas Polres Garut : Tangkal Hoax, Jurnalis Harus Menjadi Ujung Tombak Penyampaian Informasi Kekinian

FOKUS985 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Masih terdapatnya pihak-pihak tertentu yang berupaya memeceh belah persatuan bangsa dengan menyebarkan hoaks atau berita bohong, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK diwakili Kasubag Humas Polres Garut Ipda H Muhlis Hidayat SH, mengajak para jurnalis bersama-sama menangkal hoaks demi menjaga kondusivitas wilayah.

Menurut Muhlis, akhir-akhir ini terdapat sejumlah isu hoaks yang sengaja disebarkan untuk memprovokasi masyarakat. Maka itu, kata dia, media sebagai kontrol sosial bagi pemerintah maupun stakeholder lainnya diharapkan tidak memberitakan sesuatu yang dapat menimbulkan konflik antara suku, agama, ras maupun golongan. Berita bernada provokatif yang bertujuan membenturkan agar dihindari, tuturnya.

“Kita harus bersama-sama menangkal upaya provokatif pihak-pihak tertentu yang berkeinginan menimbulkan kegaduhan dan memecah belah bangsa,” katanya saat menjadi narasumber di acara Sosialisasi Meningkatkan Peran Serta Pers dalam Mewujudkan Akselerasi Pembangunan Daerah yang digelar di Hotel Redante Jalan Samarang, Jumat (20/12).

Kasubag Humas Polres Garut melanjutkan, tanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melekat pada semua masyarakat, tidak cukup hanya dilakukan aparat penegak hukum dan pemerintah. Oleh karenanya semua komponen masyarakat termasuk insan pers diminta ikut ambil bagian dalam menjaga kondusivitas. Setidaknya dengan tidak ikut menyebar berita hoaks dan berita provokatif yang bisa memunculkan gesekan, cetusnya.

“Masyarakat dibantu rekan-rekan pers diharapkan tidak memforward atau meneruskan berita hoaks. Wartawan harus menjadi garda terdepan menangkal berita hoax dan ujung tombak penyampaian informasi kekinian kepada masyarakat,” sarannya.

Ipda Muhlis Hidayat mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut tersebut, dia menuturkan acara sosialisasi ini sekaligus ajang silaturahmi dengan wartawan untuk mempererat jalinan kemitraan dan meningkatkan sinergitas hubungan antara jurnalis dengan pemangku kepentingan.

“Mewakili Bapak Kapolres, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena para jurnalis memiliki peran strategis dalam ikut menjaga kondisifitas wilayah serta keamanan dan keutuhan NKRI. Kami percaya para jurnalis akan memegang teguh kode etik jurnalistik dan mengedepankan keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kabid Pengelolaan Informasi dan Kehumasan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat SH M Si, Kasi Pengelolaan Media Publik dan Kehumasan Tantan Herdiana SIP, narasumber dari Polres Garut oleh Kasubag Humas Polres Garut Ipda H Muhlis Hidayat SH, Kapolsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin dan puluhan wartawan dari berbagai media. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *