Akibat Hujan Deras, Longsor di Pamulihan Garut Lumpuhkan Jalan Kabupaten

SEPUTAR GARUT1,675 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Akibat hujan deras yang pada hari Jum’at (06/12) sore hari, mengakibatkan longsor di tiga titik wilayah Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut. Tercatat beberapa titik tersebut yakni jalur jalan Garumukti – Linggarjati. Garumukti – Ciangkrong dan Garumukti – Cibitung.

Kepala Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan Ede Sukmana, saat dikonfirmasi mengatakan, lokasi bencana longsor pada ruas jalan kabupaten Pakenjeng Lama – Nangkaruka, blok Cilimus Kampung Kebon Panjang, longsoran 25 m yang menutupi jalan, tinggi longsoran 1,50 meter persegi. Selanjutnya di poros Desa Garumukti – Pandawa sta km.1.800 blok Cingkrong.

“Akibatnya tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat, arus transfortasi dari Garumukti ke desa Linggarjati putus total,” ujar Ede, Jum’at (06/12).

Selanjutnya, kata Ede, di ruas jalan Garumukti – Ciangkrong longsor terjadi dan menimpa sebuah sepeda motor yang sedang melintas. Pengendara atas nama Susi (18) warga Kampung Ciangkrong Desa Garumukti yang dibonceng Andi (21) sudah di evakuasi, namun sepeda motor masih tertimbun tanah.

Ede berharap, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut segera menurunkan bantuan untuk melakukan evakuasi. Termasuk bantuan alat berat untuk membuka jalur yang tertimbun longsor.

“Saat ini warga bersama TNI/Polri berupaya sementara membuka timbunan tanah longsor, mudah-mudahan secepatnya dari pihak BPBD segera menurunkan bantuan alat berat, untuk membuka jalur,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *