oleh

Sepuluh Kades di Garut Ikut Diklat Entrepreneur Leadership Kepala Desa Juara

HARIANGARUTNEWS.COM – Sepuluh Kepala Desa perwakilan Kabupaten Garut, sesuai Surat Tugas dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut nomor 800/4794-DPMD/2019, untuk mengikuti acara Diklat Entrepreneur Leadership Kepala Desa Juara, 4 – 6 Desember 2019 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut Rina Achlan S Pd, mengatakan, dirinya termasuk sembilan orang Kepala Desa dari Kabupaten Garut ditugaskan untuk mengikuti acara tersebut.

“Dihari pertama kami berangkat menuju Jogjakarta, dan hari keduanya kunjungan kerja ke Desa Tridadi Seleman, dan mengunjungi puri Mataram,” ucap Rina.

Dikatakan Rina, untuk materi bahasan kegiatan yakni, kepemimpinan modern, kreatif dan inovatif. Penggalian gagasan untuk menciptakan inovasi desa. Selanjutnya bagaimana Bumdes menjadi pilar ekonomi desa, enterpreneurship leader, kolaborasi pengembangan jejaring dan Pengembangan potensi desa dan strategi pemasaran. Dan selain itu ada juga mengenai pengembangan UMKM di desa.

Ditambahkan Rina, dilokasi kegiatan dilakukan sharing Kades Inspiratif, pemahaman akuntabilitas penggunaan dana desa, dan bagaimana mengelola dan menciptakan desa wisata.

“Alhamdulillah dari beberapa materi yang diserap dan kunjungan ke desa yang sudah maju dan berkembang, kami mendapatkan ilmu dan inspirasi, bagaimana mengembangkan desa di Kabupaten Garut,” katanya.

Diketahui, sepuluh perwakilan Kepala Desa dari Kabupaten Garut yang mengikuti kegiatan, yakni, Kepala Desa Cibatu Kecamatan Cibatu Dadang Sulaeman, Kepala Desa Talagasari Kecamatan Kadungora Riki Ismail Barokah, Kepala Desa Padasuka Kecamatan Cibatu Solahal Gina Gunawan, Kepala Desa Karangsari Kecamatan Leuwigoong Ade Lukman S Pn RO, Kepala Desa Cintarasa Kecamatan Samarang Sirod, Kepala Desa Tanjungkamuning Kecamatan Tarogong Kaler Nuroni Saefuloh, Kepala Desa Sindangsari Kecamatan Cigedug Ayo Sutisna, Kepala Desa Sukarame Kecamatan Caringin Yanti Susilawati S ST, Kepala Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan Rina Achlan S Pd, dan Kepala Desa Dayeuh Manggung Kecamatan Cilawu Darmawan. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru