Antisipasi Banjir, Warga Mekarjaya Cikajang Garut Bersihkan Saluran Air

SEPUTAR GARUT1,477 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hadapi musim penghujan, warga Kampung Lapang RW 06 Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, laksanakan kegiatan Jum’at Bersih (Jumsih) di saluran selokan yang berada disamping lapang sepak bola. Ketua RW dan puluhan masyarakat hadir dilokasi membersihkan saluran.

Ketua RW 06 Kampung Lapang, Desa Mekarjaya, Jajang Setiadi mengatakan, kegiatan kebersihan seperti ini agar supaya lingkungan bersih dan saluran air di selokan lancar tidak tersumbat oleh sampah.

“Yang namanya lingkungan itu harus dijaga dan di perhatikan oleh warga masyarakat setempat, terutama masalah sampah, apa lagi sekarang kita mau menghadapi musim penghujan,” ujar Jajang disela kegiatan, Jum’at (01/11).

Dikatakan Jajang, intinya kegiatan hari ini agar lingkungan bersih dari sampah yang menyumbat selokan supaya air lancar, arus air ke muara sungai Cibarengkok supaya tidak terjadi banjir.

“Saya berharap rutinitas kegiatan seperti ini bisa konsisten dilakukan seminggu sekali setiap hari Jum’at. Agar masyarakat sadar akan bahaya buang sampah sembarangan,” beber Jajang.

Sementara Kaur Kesra Desa Mekarjaya Ajang Setiawan, diharapkan kegiatan ini menjadi penting dilakukan bagi masyarakat Desa Mekarjaya, khususnya di Kampung Lapang RW 06 untuk meminimallisir terjadinya banjir.

“Saya himbau kepada masyarakat jangan membuang sampah ke selokan atau disungai, karena bisa mengakibatkan banjir. Seperti kejadian di tahun 2014, telah terjadi banjir bandang di Desa Mekarjaya yang mengakibatkan terrendam banjir, dikarenakan dari hulu sungai banyak sampah dan mungkin masyarakat belum mengerti sehingga buang sampah sembarang,” ucapnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *