Naila Asal Cibatu, Sebut Finalis Mojang Jajaka Garut Memiliki Tanggung Jawab Besar

MENARA GARUT3,646 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bagi sebagian orang, mungkin tidak mengenal sosok Mojang Jajaka itu Apa? Siapa? Dan untuk apa? Singkatnya Mojang Jajaka (Moka) itu adalah nonoman panutan yang merepresentasi pemuda di Kota/Kabupaten dimana dia berada yang organisasinya dibawah naungan Paguyuban Moka dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Mojang Jajaka sejak dulu telah memainkan peran secara signifikan dalam mengembangkan pariwisata. Mojang Hajaka kerap menjadi tumpuan pemerintah daerah dalam menarik para wisatawan dari berbagai daerah dan negara, karena dari mulut mereka lah keluar kata-kata sakti yang mempromosikan kekayaan budaya.

Cantik, cerdas, berprestasi, dan sukses empat komponen tersebut menjadi dambaan setiap wanita di manapun. Hal yang paling membanggakan mungkin terletak pada poin bisa menginsiprasi masyarakat sekitar dengan kerja keras dan pencapaian yang sudah diraihnya.

Adalah Naila Alivia Choerunnisa (19), gadis asal Kecamatan Cibatu ini terpilih sebagai finalis Mojang pilihan untuk mengikuti rangkaian Audisi dan Pasanggiri yang digelar oleh Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Garut Tahun 2023. Naila menjadi satu-satunya perwakilan dari Kecamatan Cibatu yang akan mengikuti Grand Final Mojang Jajaka Kabupaten Garut di Hotel Harmoni pada 23 November 2023 mendatang.

Kepada hariangarutnews.com, mahasiswi Universitas Garut Semester 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Administrasi Negara ini mengungkapkan, bahwa menjadi Mojang Jajaka Kabupaten Garut, salah satu yang pastinya harus tahu tentang pariwisata dan kebudayaan di Garut. Acara ini, kata Dia, bukan sekadar kontes kecantikan, tetapi juga sarana bagi peserta untuk memahami, melestarikan, dan mempromosikan kebudayaan tradisional Garut.

“Tentunya gelar yang dinobatkan tersebut membutuhkan tanggung jawab yang besar. Keberhasilan Moka dalam mengemban tugas, harus dapat memberikan perubahan besar, khususnya bagi kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Garut. Ubahlah kemauan kita menjadi kemampuan, dan bekerjalah dengan ikhlas agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua,” ujar Naila, putri dari pasangan Lia Puspa Carolina dan Iman Sulaiman tersebut.

Dia mengungkapkan, dalam melalui tahapan audisi, dirinya selalu semangat dan tidak pernah menyerah. Sebagai peserta Moka, Ia mengaku harus dapat menunjukkan potensi dan kemampuan terbaiknya, untuk membuktikan bahwa dirinya adalah generasi muda Garut yang berprestasi dan berbakat. Naila juga mengajak kepada kaum milenial dan pemuda pemudi pada umumnya untuk tetap optimis dalam menggapai cita-cita.

“Kita sebagai generasi muda atau agent of change harus melakukan perubahan- perubahan untuk Garut lebih maju lagi. Insya Allah tahun ini Paguyuban Moka Kabupaten Garut akan menyelenggarakan Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka 2023. Pada kesempatan ini juga saya meminta doa dan dukungan masyarakat Cibatu, semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk Garut, serta disehatkan dan diberi kelancaran,” tutup Naila.

Sementara, Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Garut, Nurman Purnama Gumilar, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Moka Tahun 2023. Harapannya para peserta dapat berkontribusi secara aktif dalam memajukan paguyuban serta turut berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif di Garut.

“Melalui partisipasi mereka, diharapkan kekayaan budaya Garut dapat dikenal lebih luas di tingkat lokal, nasional, dan bahkan internasional,” tandas Nurman.

Naila yang berdomisili di Jln. Arif Rahman Hakim No. 111, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu ini merupakan anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang juga aktif diberbagai organsiasi.

Berikut diantaranya Organisasi dan Penghargaan yang diterima Naila Alivia Choerunnisa :

Organisasi

▪︎Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara Fisip Uniga
▪︎Volunteer Kompenas 2023
▪︎Anggota Entrepreneur Div. Marketing P3RI Salman ITB
▪︎Anggota Kangraling Tarogong

Penghargaan

▪︎Remaja SIGAB BNNK Garut 2022
▪︎Penulis Terpilih Lomba Menulis Cerpen Binar Media 2020
▪︎Hafidz 5 Juz 2022
▪︎Penghargaan Uji Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis Daring & Pemasaran, Predikat Kompeten
▪︎Sertifikat English Club

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *