Jelang Pilkades Serentak, Kasat Binmas Polres Garut Himbau Pokdarkamtibmas Jaga Situasi Wilayah

HALO POLISI740 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan digelar di Kabupaten Garut, pada 15 Mei 2023 mendatang. Tercatat ada 82 desa dari 28 Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang II Tahap II Tahun 2023.

Terkait kegiatan pesta demokrasi tersebut, Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro SH SIK melalui Kasat Binmas Polres Garut, AKP. Hasan Sadikin, berpesan kepada Mitra Polri dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkmatibmas) Bhayangkara Resor Garut untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Garut agar tetap kondusif.

“Menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan digelar pada 15 Mei mendatang, demi terjaga situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, kami mengajak dan mengimbau kepada Pokdarkamtibmas dan Mitra Polri lainnya untuk selalu bersinergi dalam menjaga kamtibmas yang selama ini kondusif,” ujar Kasat Binmas kepada hariangarutnews.com, Rabu (10/05/2023), saat ikut memantau Pelaksanaan Deklarasi Pilkades Damai di Gedung Pendopo Garut.

AKP Hasan juga mengingatkan kepada seluruh Calon Kepala Desa dan Tim Sukses bahwa pemilihan kepala desa ini bukan kompetisi tetapi memilih pemimpin di tingkat desa. Ia mengimbau agar Calon Kades maupun Tim Sukses dapat mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan.

“Mari kita semua patuh pada aturan yang ada dan yang sudah disepakati bersama dalam seluruh tahapan Pilkades ini. Sehingga dalam Pilkades nanti, tidak ada istilah menang atau kalah, namun yang ada adalah pemimpin yang terpilih dan tidak terpilih. Selesai penghitungan nanti akan terpilih satu dari calon-calon yang ada, dan siapapun nanti yang terpilih adalah hasil pilihan masyarakat,” ujarnya.

Kasat Binmas Polres Garut menambahkan, bagi calon yang tidak terpilih nantinya harus ikhlas dan legowo. Apabila ada selisih pendapat diharapkan dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom menyampaikan, dalam pengamanan Pilkades serentak, pihaknya akan melibatkan seluruh personil Pokdarkamtibmas baik di tingkat Resor, Sektor maupun jajaran di Sub Sektor.

“Bagi pengurus Pokdarkmatibmas yang di wilayahnya terlibat dalam Pilkades, atas perintah Kasat Binmas dimohon untuk terjun membantu petugas keamanan. Dalam hal ini tetap memprioritaskan menciptakan kamtibmas, baik sebelum, pada saat pelaksanaan maupun setelah pilkades itu,” ujarnya.

Igie juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Garut untuk tetap menjaga kamtibmas tetap kondusif dengan terus berkoordinasi dengan pihak desa dan Bhabinkamtibmas apabila mendapati adanya gangguan keamanan dan ketertiban di desanya.

“Mari bersama kita jaga kamtibmas demi keamanan dan ketertiban menjelang Pilkades serentak pada 15 Mei 2023 mendatang,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *