Obrolan Santai di Jum’at Berkah, Membangun Sinergitas TNI-Polri dan Jurnalis di Garut Utara

SEPUTAR GARUT513 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Membangun komunikasi dalam rangka mewujudkan sinergitas antara TNI-Polri dan Jurnalis/Wartawan kerap kali dilakukan. Hal ini dalam rangka membangun silaturrahmi, dan pengetahuan informasi. Agar apabila terdapat permasalahan di masyarakat atau lingkungan segera bisa diselesaikan dengan baik.

Salah satunya di wilayah Kecamatan Cibatu dan Kersamanah Kabupaten Garut. Di hari Jum’at, setelah selesai ibadah Shalat Jum’at, para babinsa, bhabinkamtibmas serta awak media, berkumpul silaturrahmi dan ngobrol santai, mengupas dan membahas situasi lingkungan binaannya masing-masing.

Bertempat di Masjid Babussalam Desa Nanjungjaya Kecamatan Kesamanah, pada Jum’at (09/12/2022). Wartawan Harian Garut News, Tatang Supriatna, yang kerap disapa Bang Acil, didampingi rekan media lainnya, menyampaikan informasi seputar Garut sesuai pengetahuannya kepada para babinsa dari Koramil 1105 Cibatu dan bhabinkamtibmas Polsek Cibatu. Informaai yang memang sedang menjadi isue hangat. Baik informasi pemerintahan untuk masyarakat, maupun sebaliknya.

Disamping menyampaikan, dia juga sekaligus juga menyerap informasi dari para babinsa dan bhabinkamtibmas. Hal ini dilakukan sebagai wujud soliditas, sinergitas, terbangunnya komunikasi dua arah untuk berbagi informasi antara TNI-Polri dan Jurnalis/Wartawan.

Pada prinsipnya, kolaborasi ini menjadi sebuah kunci pemikiran, langkah kreatif, akuratif dan preventif, untuk mencapai hasil baik dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi dilingkungan masing-masing.

Babinsa dari Koramil 1105 Cibatu yang bertugas di Desa Girijaya Kersamanah, Pelda Nende mengatakan, dalam pertemuan silaturrahmi tersebut, diharapkan ada point manfaat yang dipetik. Bagaimana membangun sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas di wilayah desa binaan.

“Ini harus terus dibangun, dengan berbagai instansi, lembaga dan elemen masyarakat lainnya, seperti halnya dengan para awak media. Karena memang seharusnya, apalagi wartawan selaku kontrol sosial, pilar keempat demokrasi. Apalagi, silaturrahmi kita ini di hari dimana kita selesai menjalankan Shalat Jum’at. Semoga hasil dari obrolan kita ini penuh keberkahan, Jum’at Berkah,” kata Nende.

Dikatakan Pelda Nende, yang terpenting dan utama adalah, semua bisa bersama-sama, saling mengajak dan mendukung, untuk senantiasa selalu menjaga persatuan dan kesatuan.

“Harus kita jaga dan rawat, karena keragaman dan kemajemukan dalam hal agama, adat dan tradisi, adalah anugerah dan kekayaan Indonsia. Minimal kita bisa menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *