Anggota Paskibraka SMAN 1 Lendah Kulon Progo, Ayuna FAZ : Makna Sumpah Pemuda Sangat Penting Ditanamkan dalam Jiwa

FOKUS5,631 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 secara sederhana yang berlangsung khidmat di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Jumat (28/10/2022).

Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 yang kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”, menurut siswi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta, Ayuna FAZ, yakni untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.Tema Bersatu, Bangun Bangsa ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” beber Yuna sapaan akrab Ayuna FAZ.

Yuna, yang bertugas menjadi anggota Paskibraka perwakilan dari SMAN 1 Lendah pada acara tersebut mengatakan, Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

“Makna sumpah pemuda sangat penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, sumpah pemuda tentunya sangat penting untuk selalu ditanamkan dalam jiwa, terutama bagi generasi muda bangsa. Pasalnya, sumpah pemuda merupakan salah satu pemantik semangat dan tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

Yuna berharap, pemuda di Indonesia dapat memberikan nilai positif serta dampak positif kepada pemuda lainnya. Ayu menginginkan pemuda Indonesia bisa maju dalam segala aspek, termasuk aspek pembangunan dan membantu pemerintah dalam menangkal berita hoax, ancaman narkoba dan lain-lain.

Pantauan media, turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di stadion Mandala Krida, yakni Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Inspektur Jenderal Polisi Suwondo Nainggolon SIK yang menjadi Inspektur Upacara (Irup), para ASN Pemprov DIY, TNI/Polri, Sat Pol PP, Tagana, perwakilan atlet, mahasiswa, serta para pelajar SMP dan SLTA. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *