Pilkades Serentak Dimasa Pandemi, DPMD Garut Tekankan Protokol Kesehatan Setiap Tahapan

SEPUTAR GARUT1,413 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, gelar sosialisasi tata cara penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap 2 gelombang 1 tahun 2021 di tiga kecamatan wilayah Garut Utara, pada Kamis (25/02/2021).

Hadir dalam acara, Sekretaris DPMD Kabupaten Garut beserta Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes), unsur Forkopimcam dari Kecamatan Limbangan, Cibiuk dan Leuwigoong dan para Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD.

Usai acara, Sekretaris DPMD Drs Rena Sudrajat S Sos M Si, didampingi Kabid Pemdes Fahmi Fauzi S STP M Si, mengatakan, bahwa panitia pilkades tingkat kabupaten secara marathon melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2020 tentang tatacara pemilihan dan pengangkatan atau pemberhentian kepala desa, termasuk juga sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 11 tahun 2021 tentang pemilihan kepala desa.

“Alhmamdulillah sosialisasi di Limbangan ini merupakan kecamatan atau lokasi yang ketujuh. Jadi kita laksanakan selama duabelas kali, di 40 kecamatan dan 217 desa yang diikuti oleh Forkopimcam dan ketua PPKD di setiap desa ygang akan melaksanakan pemilihan kepala desa,” ujar Sekretaris DPMD Garut.

Panitia kabupaten pun, lanjut Rena, dalam pelaksanaan pilkades Juni mendatang, ia menekankan terkait protokol kesehatan dalam setiap tahapan pelaksanaan. Ia berharap pelaksanaan pilkades serentak ini, pertama adalah sukses dalam adminitrasi.

“Dipahami, ditaati dan dilaksanakan semua adminitrasi, baik bagi penyelenggara pilkades atau pun calon kepala desa, sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku,” tandasnya.

Keduanya, sambung Rena, sukses penyelenggaraan, dimana bahwasanya pihaknya menginginkan bukan hanya dari para panitia saja, tapi dukungan dari semua stakeholder atau seluruh lapisan masyarakat, sehingga pelaksanaan bisa sukses, dan ketiganya sukses protokol kesehatan dengan mentaati dan menjalankannya dalam setiap tahapan pilkades.

“Adanya pilkades ini jangan sampai menumbuhkan atau mengakibatkan klaster Covid-19,” kata Rena.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Garut, Sekretaris DPMD berharap, hasil pilkades serentak ditahun 2021 ini bisa melahirkan para pemimpin di desanya masing-masing yang benar-benar berkualitas, sehat jasmani dan rohani.

“Yang terpilih atau dipilih masyarakat ini merupakan putra dan putri terbaik di desanya masing-masing. Semoga yang memimpin bisa arif bijaksana dan bisa membawa desanya kearah yang lebih baik dan lebih maju,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *