Pemdes Mekarwangi Sukawening Garut, Selenggarakan Musrenbang Desa Penyusunan RKP Desa Tahun 2021

SEPUTAR GARUT1,043 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sesuai jadwal pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Pemerintah Desa Mekarwangi Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, gelar acara musyawarah Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021, di aula desa, Kamis (08/10/2020) siang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Sukawening yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekmat) beserta Kasi Pembangunan ( PMD), babinsa dan bhabinkamtibmas, pendamping desa, perangkat desa, BPD, LPM, tim verifikasi, tim penyusun RKP Desa, Kader PKK dan Posyandu, karangtaruna, tokoh masyarakat serta perwakilan RT, RW dan intansi terkait.

Terdapat tiga agenda pokok dalam musyawarah yakni, pembahasan dan penyepakatan RKP Desa Tahun 2021, pembahasan daftar prioritas usulan kegiatan pembangunan pesa Tahun 2022, yang akan diusulkan melalui musrenbang kecamatan Tahun 2021, serta pemilihan dan penetapan delegasi desa untuk musrenbang kecamatan Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Sekmat Sukawening Uus Hasbulloh mengungkapkan, bahwa perencanaan desa harus selaras dan mengacu pada kebijakan Pemerintah yaitu Permendes No 13 Tahun 2020.

“Ini tentang pemulihan dan pengembangan ekonomi masyarakat desa serta pembangunan kawasan desa wisata, adaptasi new normal atau kebiasaan baru pasca pendemi Covid-19, serta SDGs Stainable Development Gols dan pembangunan untuk menopang ketahanan pangan,” tuturnya.

Lanjut dikatakannya, Kabupaten yang diantaranya mengenai pendidikan dan kesehatan utamanya berkaitan dengan intervensi stunting, pemukiman dan lingkungan hidup yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat dan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, pariwisata desa utamanya mengenai pengembangan potensi desa untuk peningkatan PAD, serta pertanian dan perikanan yang di antaranya mengenai pengadaan bibit dan pupuk organik serta pelatihan bagi masyarakat terdampak bencana.

Di samping itu, pihaknya berharap agar perencanaan desa melalui penyusunan RKP Desa ini dapat berdampak secara nyata terhadap masyarakat, utamanya terkait peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Sementara Kepala Desa (Kades) Mekarwangi Saniana, Amd, dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbangdes adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa.

“Dalam pelaksanaan musrenbangdes ini kita berpedoman pada surat edaran Bupati Garut, perihal arahan kebijakan dan prioritas pembangunan serta pedoman penyelenggaraan musrenbang Tahun 2020 penyusunan RKPD Tahun 2021, dan alhamdullilah hasil dari musrenbangdes kali ini desa Mekarwangi lebih memproritaskan pada Pemulihan ekonomi masyarakat pasca pendemi dalam adaptasi kebiasaan baru,” papar Kades. (irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *