Guru Honorer Sucinaraja, Apresiasi Langkah dan Statement Ketua DPC PDIP Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Melirik kondisi para guru honorer Sekolah Dasar (SD), yang mana, ini menjadi salah satu yang turut terdampak wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, didampingi jajarannya, bagikan paket sembako, kepada para guru honorer, di Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Rabu (13/05).

“Saat ini kami bersilaturrahmi dengan guru-guru honorer SD di Kecamatan Sucinaraja. Tadi yang hadir ada 88 orang, mereka adalah salah satu terdampak dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Makanya DPC PDIP berbagi tali kasih dengan berbagi sembako alakadarnya,” ujar Yudha.

Namun, lanjut ia, fokus DPC PDIP Garut sebenarnya bukan sekedar pembagian sembako tersebut, Ia menginginkan, bagaimana Pemerintah Daerah mengalokasikan Sosial Safety Net, jaring pengaman sosial untuk para guru honorer.

“Sementara ini kan, belum ada kebijakan jaring pengaman sosial. Saya tadi konfirmasi ke BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset), ternyata belum ada usulan tersebut. Walaupun pengakuan Kepala Dinas Pendidikan, pak Totong, saat pagi tadi saya telepon, sudah mengajukan ke Kepala Daerah,” kata Yudha.

Yudha berharap, Kepala Daerah segera mendisposisi pengajuan Dinas Pendidikan ke BPKAD, agar segera bisa dicairkan dan guru honorer ini segera mendapatkan jaring pengaman sosial, apakah dengan bentuk sembako atau bantuan tunai. Apalagi, imbuh Yudha, sebentar lagi menghadapi hari raya Idul Fitri.

“Karena kultur kita silaturrahmi, kasihan kalau tidak ada jaring pengaman sosial kepada para guru honorer ini. Mengingat pendapatan mereka sangat minim, dari APBD hanya Rp200 ribu, tentunya ini sangat tidak cukup. Apalagi masa pendemi Corona, mereka akan lebih sulit lagi, tentunya ini harus secepatnya mendapatkan atensi dari pemerintah daerah,” tandasnya.

Yudha juga menegaskan, bahwa selaku anggota DPRD di Komisi 4 Kabupaten Garut, juga selaku Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, berharap, pemerintah segera merealisasikan jaring pengaman sosial untuk para guru honorer ini.

Salah satu guru honorer SDN Tegalpanjang 2, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Nadia, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada DPC PDIP Kabupaten Garut, atas bantuan sembako yang diterimanya. Ia juga mengaku sudah 5 tahun menjadi guru honorer.

“Saya mewakili rekan guru honorer yang lainnya, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan DPC PDIP Garut, kami tentunya saat ini sangat merasa terbantu dengan bantuan tersebut,” tutur Nadia.

Pantauan hariangarutnews.com, hadir dalam acara, Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan berserta jajaran, Korwil Pendidikan Kecamatan dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ketua DPC Forum Aliansi Guru dan Karyawan (Fagar) dan para guru honorer di wilayah Kecamatan Sucinaraja. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *