Tim Covid-19 Desa Mekargalih Tarogong Kidul Garut, Salurkan Langsung BLT DD Ke 207 Penerima Manfaat

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, realisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) senilai Rp600 ribu per-Kepala Keluarga (KK), kepada 207 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masyarakat miskin terdampak covid-19, yang ada di Desa Mekargalih. Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan pada Jum’at (08/05).

“BLT tersebut di peruntukan untuk keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19, setiap Kepala Keluarga (KK) mendapatkan penyaluran perdana Rp600 ribu perbulan, dimulai bulan Mei sampai Juli 2020,” ucap, Sekretaris Desa Mekargalih, Baban Sobana, diruang kerjanya, Jum’at (08/05).

Baban menjelaskan, bahwa penyaluran bantuan tersebut sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor : 6/2020, tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020, yang dialihkan menjadi Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Untuk penyaluran, imbuh Baban, dibagikan langsung door to door kerumah warga oleh pihak Pemerintah Desa dan tim percepatan penanggulangan Covid-19 Desa Mekargalih.

“Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya, dan melalui validasi data warga yang talah di verifikasi tim gugus tugas relawan Covid-19 Desa Cintamanik.

Ditambahkan Baban, di wilayah desanya ada 9 wilayah Rukun Warga (RW) dan 37 Rukun Tetangga (RT), yang terbagi di 3 kedusunan, yang diantaranya, Cireungit, Cipepe dan Cilutung masuk Dusun 1, Tanjakan Ciocong, Empang di Dusun 2 dan Bojong Awi Biru dan Pasir Lingga di Dusun 3. Sementara, imbuh Baban, total 207 KK yang menerima khusus yang terdampak Corona ini.

Sementara, salah satu tim percepatan penanggulangan Covid-19 Desa Mekargalih, yang juga menjabat selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Budi Budiawan, disela kegiatan penyaluran menuturkan, dirinya bersama tim lainnya langsung membagikan BLT DD tersebut ke 207 Kepala Keluarga penerima bantuan.

“Mudah-mudahan, bantuan yang disalurkan ini bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan terutama, apalagi dalam masa pandemi Corona saat ini, dimana ekonomi masyarakat banyak yang terpuruk,” kata Budi kepada hariangarutnews.com, (Jon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *