Anggaran Desa Belum Juga Cair, Pemdes Wanajaya Garut Gunakan Dana Talang untuk Penanganan Covid-19

SEPUTAR GARUT2,390 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sterilisasi wilayah agar warga terbebas dari pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, membentuk posko dan Relawan Satgas Penanganan Covid-19. Pemdes bersama tim relawan dan lembaga desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, langsung bergerak dengan membagikan ratusan masker, hand sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk warga masyarakat, di aula Desa, Senin (06/04).

Kepala Desa (Kades) Wanajaya Nurzaman, mengatakan, ketika mendengar kasus salah seorang warga Kecamatan Wanaraja, positif terpapar Covid-19, langsung melakukan strelisasi wilayah untuk menyelamatkan warganya dengan melakukan penyemprotan desinfektan ke 7 Rukun Warga (RW), fasilitas umum, sarana ibadah dan rumah warga di seluruh wilayah desa.

“Ini untuk menindak lanjuti himbauan pemerintah daerah dengan membentuk Satgas dan Posko Covid-19 di setiap desa. Ini dilaksanakan sesuai petunjuk dan arahan dari Forkopimcam, untuk antisipasi penyebaran virus Corona serta kekhawatiran status ODP, terutama warga yang datang dari luar kota yang statusnya zona merah, yang setiap harinya terus bertambah,” ujar Nurzaman, Senin (06/04).

Dikatakan Nurzaman, Pemdes Wanajaya, berupaya menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi personel satgas yang ada di posko, untuk melindungi diri apabila nanti ada warga yang terkena wabah atau mengalami gejala-gejala yang mirip dengan Covid-19. Ini persoalan serius untuk diketahui tenaga relawan satgas posko.

“Sekarang Pemdes Wanajaya melalui posko satgas penanggulangan Covid-19 akan memberikan bantuan masker, box dan cairan sanitaizer kepada masyarakat dan sarana tempat ibadah di 20 musholla, 5 masjid jami serta 9 madrasah yang ada di wilayah Desa Wanajaya,” jelas Nurzaman.

Kades berharap, mudah-mudahan dengan adanya pembagian APD, masker dan Hand Sanitizer, yang sementara ini mencari dana talang, karena sudah di anggarkan dari Dana Desa tahun 2020 namun belum cair.

“Semoga ini bisa membantu para satgas relawan di posko yang langsung menangani kasus Covid-19 di desanya sebelum di bawa ke Puskesmas. Kita sudah distribusikan ratusan masker dan Hand sanitizer ukuran kecil dan besar, untuk keperluan warga masyarakat yang tersebar di Desa Wanajaya. Semoga pandemik ini segera berakhir, dan masyarakat bisa beraktifitas normal seperti biasa lagi,” pungkasnya. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *