PERDAMI Jabar dan PPNI Garut Berikan Pelayanan Operasi Katarak Gratis

SEPUTAR GARUT1,789 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Jabar bersama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Garut memberikan pelayanan operasi katarak gratis kepada masyarakat di Kecamatan Pameungpeuk, Kamis (30/1/2020).

Dari keterangan panitia, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dokter dan perawat menurunkan kebutaan akibat katarak di Kabupaten Garut. Banyak masyarakat yang datang untuk mendaftar, tapi tidak semua mengalami katarak. Sebagian diantaranya karena kelainan mata seperti glukoma atau lainnya.

Sebelum operasi, pasien mengikuti screening (pemeriksaan) awal untuk selanjutnya mengikuti beberapa tes kesehatan seperti pemeriksaan tensi dan gula arah. Jka syarat-syarat terpenuhi, bisa langsung dlakukan tindakan. Selanjutnya sehari setelah tindakan, dilakukan eveluasi terhadap hasil operasi yang telah dilakukan.

Dari 139 orang yang di-screening, 100 orang dinyatakan positif dan kemudian dilakukan operasi katarak. Operasi katarak dilaksanakan di UPT Puskesmas Pameungpeuk. Operasi katarak ditangani 4 tenaga konsulat dan 4 dokter spesialis mata serta bantu oleh tenaga Ners dari UPT PKM Pameungpeuk. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *