Mahasiswa STIKes Karsa Husada Garut, Gelar Gebyar Profesi Ners PPN IX

SEPUTAR GARUT1,342 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertempat di desa Linggamukti kecamatan Sucinaraja para mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes) Karsa Husada Garut menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Gebyar Profesi Ners PPN IX, Sabtu (21/12). Kegiatan tersebut diantaranya jalan sehat, khitanan massal, cek kesehatan gratis, senam germas, lomba tumpeng, pentas seni budaya desa yang ada di Linggamukti.

“Tema kegiatan kali ini “Ceria” Cepat, Efesiensi, Respeck, Inisiatif, Agamis. supaya masyarakat hidup sehat  Linggamukti kuat”, ujar ketua pelaksana Azis Reza.

Sementara, ketua angkatan  Komunitas Keluarga Gerontik ( KKG) STIkes Karsa Husada Garut, Rindi Garuda yang didampingi Devita Arumandana dan Ai syifa nurani menyampaikan kegiatan KKG ini berlangsung selama 50 hari atau sekitar 2 Bulan, melibatkan 41 Mahasiswa semester 1. “Desa Linggamukti merupakan salah satu desa yang menjadi binaan Stikes Karsa Husada Garut. Dimana kali ini ada kegiatan inovasi dan gebyar. Kami pun tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pemdes Linggamukti dan para sponsor yang telah ikut serta memeriahkan dan mensuporrt gebyar kegiatan ini ”, katanya.

Secara terpisah, UPT Kepala Puskesmas Garawangsa Asep Sobur mengatakan tim kesehatan dari UPT Puskesmas Garawangsa menurunkan 15 Orang tim kesehatan , dimana tim melakukan tugas pemerikasaan kesehatan gratis, laboratoriun gratis , cek kesehatan tekanan darah , asam urat dan lain-lain. Kegiatan ini juga di isi dengan kegiatan penyuluhan dan edukasi pencegahan stunting, senam gerakan masyarakat Sehat (Germas).

“Pihak puskesmas UPT Garawangsa kedepan mempunyai target pencapaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) 100% . Selain itu kita tetap mengupayakan menurunkan tingkat kematian bayi dan Ibu. Kegiatan para mahasiswa STIkes yang sedang Study  di kecamatan Sucinaraja bekerja sama dengan UPT Puskesmas Garawangsa sudah ke empat kalinya”, kata Asep.

Adapun kepala desa Linggamukti Rika Sugiarti mengatakan pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan para mashasiswa Stikes Karsa Husada. Kegiatan ini juga sejalan dengan porgam Pemerintah desa Linggamukti. “Kita berharap warga Linggamukti sehat, kami mengajak warga agar menerapkan pola hidup sehat, cek rutin kesehatan terutama untuk para lansia. Perlu di ketahui warga kami banyak yang menderita hipertensi karena faktor usia dan pola makan. Mudah-mudahan kegiatan yang digagas para mahasiswa ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat”, ujarnya. (Bulan)**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *