Panwascam Kersamanah Garut Gelar Bimtek Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu 2024

SEPUTAR GARUT1,335 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebanyak 6 orang Panwas Desa se-Kecamatan Kersamanah, mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kersamanah Kabupaten Garut dalam rangka tahapan distribusi logistik Pemilu Tahun 2024, di sekretariat Panwascam setempat, pada Jum’at (26/01/2024).

Ketua Panwascam Kersamanah, Alfi Saepulloh S Ag, M Ud, mengatakan, bimtek tentang distribusi logistik untuk Pemilu 2024 penting dilakukan agar dalam tahapan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

“Panwas bisa optimal dalam pengawasan di lapangan terutama kaitan logistik. Makanya digelar bimtek sebagai acuan di lapangan,” ujar Alfi.

Dengan dilaksanakan bimtek, lanjut Alfi, panwas desa diberikan ilmu dan pemahaman dalam pengawasan pelaksanaan pemilu, terutama pengawasan logistik di tingkat desa.

“Kegiatan bimtek ini merupakan sebuah penyegaran untuk mengingatkan kembali atas tugas pokok sebagai panwas, baik yang ada di desa, PKD, termasuk di Panwaslu Kecamatan,” papar Alfi.

Alfi berharap, melalui kegiatan bimtek tersebut, seluruh jajaran panwas yang ada di desa bisa melakukan pemetaan tingkat kerawanan dalam distribusi logistik Pemilu 2024.

“Diharapkan Pemilu berjalan dengan baik. Pengawasan yang dilakukan sesuai standar aturan, tepat prosedur, tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu dan tepat sasaran distribusi. Yang paling penting tepat kualitas spesifikasi,” katanya.

Alfi menambahkan, Logistik Pemilu wajib diawasi, karena ketersediaan logistik akan mempengaruhi kelancaran penyelenggaraan. Kemudian, bila logistik tidak mencukupi akan menghambat pemilih dalam memberikan hak, sehingga berpotensi pemilih kehilangan haknya.

“Kualitas logistik yang tidak memadai, akan mempengaruhi proses pemungutan dan penghitungan suara,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *