Banjir Bandang di Malangbong Garut, 15 Hektar Sawah Terendam

SEPUTAR GARUT2,884 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Polsek Malangbong Polres Garut cek lokasi bencana alam banjir bandang di Blok Cimande Kampung Muncang Agung, Desa Malangbong, Kecamatan Malangbong, Selasa (02/01/2024).

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Malangbong Polres Garut AKP Iwan Soleh Pujiawan mengatakan bencana alam banjir bandang ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan mengguyur Kecamatan Malangbong sejak hari Senin (01/01/2024) sore.

Volume luapan air yang tinggi menyebabkan tidak tertampung lagi oleh Sungai, sehingga air pun luber memasuki area pesawahan yang berada di blok Cimande. Luapan air sungai tersebut menutupi sekitar 15 hektare area pesawahan milik masayarakat sekitar.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, karena lokasi bencana alam jauh dari pemukiman. Namun pemilik sawah mengalami kerugian materil akibat lupan air sungai yang mengguyur sawah yang baru ditanami sekitar 1 bulan lamanya,” ujar Iwan.

Menanggapi hal tersebut anggota Polsek Malangbong bersama unsur Forkopimcam Malangbong dan Pemdes Malangbong rutin melakukan patroli mitigasi pasca bencana. Selain itu pihaknya berkoordinasi dengan UPT Pertanian untuk melakukan pendataan kepada pemilik sawah yang terdampak, dan sudah sampaikan kepada pihak UPT PUPR agar melakukan perbaikan terhadap saluran sungai dan mengevakuasi TPT yang rusak pasca bencana. (T. Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *