Musyawarah RKPDes Tahun 2024, Ini Program Prioritas Pemdes Mekarjaya Sukaresmi Garut

SEPUTAR GARUT1,001 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jelang Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. gelar Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2024, di aula desa setempat pada Jum’at (22/12/2023).

Acara dihadiri Camat Sukaresmi, Iis Rahmawati S STP M Ak, dan unsur Forkopimcam, lembaga tingkat desa, unsur tiga pilar, tokoh agama dan masyarakat dan pemuda, para kader pembangunan dan kader kesehatan.

Kepala Desa Mekarjaya Tata Nurjaman mengatakan, ada dua poin yang masuk dalam pembahasan, yakni pembangunan fisik infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk pemberdayaan yang diprioritaskan adalah masalah Stunting dan untuk fisik diantaranya pembangunan jalan, TPT jalan dan pelebaran jalan,” ujar Tata.

Sementara, Camat Iis Rahmawati dalam sambutannya memaparkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara, Pasal 21 Ayat (1) yang berbuny, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud dalam pasal 19 ayat (2) paling lambat tiga bulan sebelum dimulainya tahun anggaran, di mana terdapat prinsip-prinsip penetapan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2024.

“Ini diantaranya kemanusiaan, keseimbangan alam, kebijakan strategis nasional berbasis kewenangan desa, sesuai dengan kondisi obyektif desa, kebhinekaan, dan keadilan,” terang Iis.

Tahun 2024, kata Iis, harus terdapat prioritas penggunaan dana desa, dimana, pertama pada pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai dengan kewenangan desa, dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *