Warga di Banjarwangi Garut Tak Merasa Was-was Lagi Diterjang Banjir

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Tanjungjaya Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, realisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2023 untuk pelaksanaan pembangunan fisik dari Dana Desa (DD), dengan dimulainya pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Pantauan media, Kepala Desa Tanjungjaya, Hedi Kurniadi SE, didampingi BPD, LPM, Kepala Dusun dan dihadiri warga setempat, melakukan peletakan batu pertama pembangunan TPT di Kampung Cigugur RT 01/04.

“Hari ini peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan TPT ini. Ini adalah realisasi program pembangunan dari anggaran Dana Desa tahap 1 tahun 2023,” ujar Hedi, Senin (22/05/2023).

Dijelaskan Hedi, TPT yang dibangun sepanjang 45 meter dan tinggi 2,5 meter. Ia juga menyebutkan, pengerjaan ditaksir tiga minggu kedepan sudah selesai, jika kondisi cuaca normal cerah, tidak terhambat hujan.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya TPT ini, bisa menghindari banjir, karena di kampung ini sering terjadi banjir. Bahkan genangan air kerap terjadi dan cukup tinggi melanda hampir dua RW. Alhamdulillah masyarakat antusias menyambut pembangunan ini,” ungkapnya.

Salah seorang warga setempat, Hata, selaku penerima manfaat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa dengan dibangunnya TPT tersebut.

“Atas nama warga, terima kasih khususnya pak kades yang sudah merealisasikan pembangunan TPT di wilayah kami. Wilayah ini sering sekali di terjang banjir atau tergenang tatkala musim penghujan, bahkan ketinggian air bisa mencapai 80 centimeter dari bibir selokan ini. Mudah mudahan dengan adanya TPT ini, bisa meminimalisir luapan air dari selokan ini, bahkan bisa menahan luapan agar wilayah kami ini terbebas dari banjir,” kata Hata. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *