Warga Kelurahan Ciwalen Garut Kota Siap Bersaing dalam Program Harum Madu

GARUT KOTA1,016 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pertanian menggagas program Halaman Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) yang bertujuan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami hal yang produktif, seperti ditanami tanaman cabai, tomat, bahkan bisa untuk peternakan dan perikanan.

Di Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota, menunjuk lokasi Kampung Sumbersari RW 14 untuk dijadikan program Harum Madu.

Tak butuh waktu lama, warga RW 14 dengan pihak Kelurahan Ciwalen dibantu juga oleh karang taruna, untuk mempersiapkan penilaian dari kecamatan, yang dilaksanakan pada hari Senin (21/02/2023). Penilaian langsung dihadiri dari Dinas Pertanian, unsur Forkopimcam dan Tiga Pilar Kelurahan.

Ketua RW 14, Ida, sangat optimis bisa bersaing dengan yang lainnya dalam program Harum Madu tersebut.

“Semoga ini menjadi awal keberhasilan kami dalam bersaing dan terpilih menjadi perwakilan dari Kelurahan Ciwalen yang bersaing pada tingkatan selanjutnya,” ujar Ketua RW 14, Ida, disela kegiatan.

Ida menjelaskan, ada 8 jenis tanaman yang ada di Harum Madu RW 14 diantaranya, bawang daun, salada bokor, saledri, bawang merah, terong, pakcoy, cabe dan tomat.

Terpisah, Lurah Ciwalen, Cecep Nurdiansah, saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa wilayah RW 14 Kampung Sumbersari menjadi locus untuk program Harum Madu.

“Iya di RW 14, sementara ini menjadi locus. Namun kedepan, saya ingin semua RW di Ciwalen bisa digebyarkan untuk program Harum Madu ini,” ujar Cecep melalui sambungan telepon.

Dikatakannya, sejak persiapan awal, mulai sosialisasi hingga pelaksanaan dan penilaian, pihaknya bersama lingkungan, bisa dikatakan berhasil melaksanakan program Harum Madu di wilayah tersebut. Bahkan, imbuh Cecep, dari hasil beberapa tanaman juga sudah ada nilai ekonomisnya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada warga RW 14 khususnya dan pihak-pihak yang membantu dalam mensukseskan program Harum Madu ini,” ungkapnya. (Rens-Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *