Ribuan Pencari Kerja Serbu Stand Booth Gentra Karya Job Fair 2023 Disnakertrans Garut

GARUT KOTA1,081 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Momentum Hari Jadi Garut ke 210 tahun 2023, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, gelar kegiatan Gentra Karya Job Fair 2023, di Gedung Pendopo Garut, Sabtu-Minggu (18-19/02/2023).

Kepala Disnakertrans Garut, Hj Erna Sugiarti SE MM, disela pemantauan kegiatan Job Fair hari kedua, saat diwawancarai awak media mengatakan, bahwa Gentra Karya adalah gerakan tenaga kerja berkarya yang melibatkan bukan hanya pentahelix yang ada di Garut saja. Namun sudah mulai ke multihelix.

“Kita mendatangkan perusahaan-perusahaan yang memang sedang mengadakan rekruitmen di perusahaannya. Ini kebanyakan dari luar Garut,” ujar Erna, di lokasi kegiatan, Minggu (19/02/2023).

Kadisnakertrans Kabupaten Garut, Erna Sugiarti

Menurutnya, Gentra Karya menjadi bagian solusi untuk menurunkan angka pengangguran. Pihaknnya menyajikan info-info lowongan kerja, baik secara online maupun offline.

“Offline ini kita lakukan bertepatan dengan Hari Jadi Garut ke 210, tapi ini tidak berhenti sampai disini saja. Kita mengadakan Job Fair ini tiga bulan sekali. InsyaAllah nanti setelah lebaran, bertepatan dengan angkatan sekolah yang keluar kelas XI, kita akan mendatangkan lagi lebih dari ini, perusahaan-perusahaan,” paparnya.

Kepala Disnakertrans Garut menyebutkan, ada sekitar kurang lebih 4700 pencari kerja yang ikut dalam Gentra Karya Job Fair 2023 yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Garut.

Para pencari kerja membludak di gedung Pendopo Garut.

“Kepada masyarakat Garut khususnya pencari kerja, kalau kita istilahnya pencaker, kenallah dengan dinas tenaga kerja, buatlah kartu angkatan kerja, sehingga bisa mengakses aplikasi Gentra Karya ini. Jadi, kalau offlinenya tidak ada, lowongan kerja di aplikasi Gentra Karya ini terus ada di seluruh Indonesia dan memang ke luar (negeri) juga ada,” katanya.

Erna juga menyebutkan, per bulan Januari 2023, jumlah angkatan kerja 1 di Kabupaten Garut baru sedikit, sekitar tiga ribuan yang pencari kerja. Namun lanjut Erna, rata-rata dalam satu tahun, Disnakertrans Garut mengeluarkan kartu kuning, lebih dari 20 ribu.

“Tapi untuk ini (Job Fair), sekarang kan ditambah empat ribu. Mungkin sudah sepuluh ribuan (angkatan kerja),” ungkapnya.

Menurutnya, pihak perusahaan yang dihadirkan juga merasa terbantu dengan program Gentra Karya Job Fair Disnakertrans Garut. Pemkab Garut menyiapkan fasilitas gratis yang karena dibiayai dari APBD.

“Kita siapkan fasilitas ini dari APBD, gratis tidak dipungut biaya, kita juga berikan makan dan minumnya yang menunggu di standnya masing-masing. Perusahaan itu, jangankan yang gratis, yang berbayar saja mereka buru kemana saja yang melakukan job fair. Ini kita alhamudlillah karena kita sudah MoU dengan pihak perusahaan yang ada disini, sehingga nanti kedepannya ketika ada rekruitmen lagi di perusahaan yang sudah hadir disini, mereka akan masuk di linknya Gentra Karya,” terang Kadisnakertrans Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *