oleh

Pandemic Covid-19 Dorong Perbaikan Tata Kelola Kesehatan di Garut

Oleh : Soviyan Munawar

Pemerhati kebijakan Pembangunan

Pandemic Covid-19 memberikan kita hikmah atas perbaikan tata kelola kesehatan di Garut. Ada beberapa point penting sebagai berikut, Pertama, Pemerintah mesti melakukan penambahan sumber daya Tenaga kesehatan yg berkaitan dengan penanganan dan pengendalian pandemic covid-19 dengan tetap mengedepankan kompetensi, optimalisasi fungsi kerja dan pelayanan kesehatan.

Kedua, kesiapan dan ketersediaan Rumah Sakit dengan kapasitas ruang pelayanan, sarana dan fasilitas ICU, tabung oksigen, obat vitamin dan lain-lain untuk mendukung pelayanan pasien covid-19.

Ketiga, perlu langkah-langkah strategis untuk mempercepat pengendalian dan preventif covid-19 dengan optimalisasi program pemeriksaan, pelacakan, karantina dan isolasi khusus, sosialisasi pencegahan covid-19. Yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah, tenaga medis, tokoh agama dan masyarakat dan relawan sampai dengan tingkat RT, RW.

Keempat, penting sebelum menetapkan kebijakan PPKM/PSBB/lockdown menyiapkan bantuan jaminan sosial yang menjadi kebutuhan pokok dan mendasar bagi masyarakat yg terdampak covid-19 dengan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan kualitas.

Kelima, mendorong riset di bidang vaksinasi, farmasi dan kesehatan masyarakat dll untuk meningkatkan kualitas dan kedaulatan di bidang kesehatan di daerah dan nasional.

Keenam, pentingnya edukasi, sosialisasi yg berkaitan dengan : a. Pemahaman yg tepat bagaimana isolasi mandiri di rumah, b. Program vaksinasi c. Prokes/pedoman pemulasaraan jenazah muslim akibat covid-19 dengan dukungan dan mempertimbangkan fatwa MUI.

Ketujuh, tata kelola/governance bidang kesehatan di daerah harus terus ditingkatkan untuk mendukung kemampuan daerah dalam menjamin dan menjalankan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan

Kedelapan, akuntabilitas dan transparansi anggaran yg berkaitan dengan program bantuan sosial dan biaya penanggulangan pandemic covid-19. Sebagai upaya menjaga kepercayaan masyarakat dan keberhasilan capaian tujuan dan target yang telah di tetapkan pemerintah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru