Pengembangan Desa Wisata di Jabar Diarahkan Melibatkan Masyarakat-BUMDes

SEPUTAR GARUT1,431 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Selain mengandalkan agenda festival sebagai daya tarik, Pemprov Jawa Barat juga tengah menggenjot pembentukan desa wisata dan desa digital. Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil mengatakan dengan menggerakan desa wisata bisa memberi dua keuntungan yakni ekonomi desa meningkat dan pengangguran berkurang.

“Setiap kita ada peluang, maka wisatawan-wisatawan yang menginap kita upayakan tinggal di rumah warga. Jadi, membayarnya kepada warga, bukan kepada pengusaha,” tuturnya di acara launching pariwisata menuju desa wisata di Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Minggu (26/1/2020).

Pihaknya sudah menyiapkan dukungan berupa anggaran infrastruktur berikut promosi. Selain itu desa yang sudah dianggap berhasil akan dikawinkan dengan investor lewat peran BUMDesa agar potensi makin tergarap optimal.

“Kayaknya di desa itu investornya sudah ada BUMDes-nya, sudah siap dengan lahannya tinggal mereka dapat bertemu dan bagi hasil sehingga dua-duanya mendapatkan benefit,” katanya.

Ridwan Kamil menyakini potensi pariwisata menuju desa wisata di Jawa Barat ada di ratusan titik. Menurutnya, dengan strategi dan kolaborasi yang tepat, maka wisatawan yang datang ke provinsi Jawa Barat tersebut, bisa mendapatkan pilihan di luar obyek wisata yang sudah ada.

Dia mengakui wilayah yang perlu digarap maksimal ada di Kabupaten Garut. Potensi sangat besar dan luar biasa. Menurutnya, banyak pihak yang belum terlalu paham memanfaatkan keunggulan desa sebagai daya tarik wisata.

Dengan adanya Tol Cigatas dua exit dan dioperasikannya kereta api nanti, pihaknya akan mendorong promosi wisata Garut lebih kuat. “Nah, dengan adanya jalan Tol Cigatas dan jalur kereta api sudah bisa beroperasi, kita bisa satu paketkan promosinya, sehingga akan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Garut sebagai titik masuk wisatawan,” tuturnya

Prosesi penyambutan Gubernur dan rombongan dengan kesenian Boboyongan dan Surak Ibra khas Cinunuk. Tampak hadir  mendampingi kunjungan kerja Gubernur jawa Barat, Bupati Garut, Wakil Bupati Garut, Kepala DPMD Prov Jabar, Kepala DPMD Garut, Kepala Disparbud Provinsi, Ketua Apdesi jawa Barat. Kunjungan Gubernur selajutnya ke Kecamatan Banyuresmi dan Cibatu. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *