Pemerintah Desa Sukamulya Pangatikan Gelar Pelatihan Kapasitas Kader Posyandu

SEPUTAR GARUT1,187 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Sukamulya Kec. Pangatikan Kab. Garut menggelar Pelatihan Kapasitas Kader Posyandu di aula desa setempat, Rabu (15/1/2020).

Kepala Desa Sukamulya, Jono di hadapan peserta pelatihan, menandaskan, Kader Posyandu merupakan pilar utama penggerak pembangunan di dalam pemerintahan desa khususnya di bidang kesehatan. Secara swadaya dilibatkan langsung oleh Puskesmas dalam kegiatan pelayanan desa yang salah satunya adalah ketika adanya pemberian imunisasi pada balita.

Dilanjutkan Jono, kader tersebut terdiri dari beberapa anggota masyarakat yang dipilih oleh masyarakat. Dimana orang yang ditunjuk memiliki pengetahuan, kemauan serta kemampuan untuk bekerja dengan sukarela menggerakan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan dan pembangunan partisipatif.

“Seperti halnya di Desa Sukamulya juga terdapat kelompok kader Posyandu yang beranggotakan sekitar 65 orang. Para kader ini berasal dari 13 Posyandu dan setiap Posyandu 5 orang anggota di tiga kedusunan. Pembinaan kader posyandu bersama petugas kesehatan (Bidan Desa),” pungkasnya

Sementara, Ketua Pokja Kader Posyandu, Indra Fauzi, mengatakan, Kader Posyandu memiliki tugas dan jadwal rutin setiap bulannya. Yakni melakukan pelayan kesehatan di tiap kedusunan dengan jadwal yang berbeda-beda.

Adapun kegiatan rutin lainnya, lanjutnya, yang biasa dilaksanakan seluruh kader Posyandu adalah kegiatan pembinaan kader yang pada hari ini dilakukan di Kantor Desa Sukamulya dan di bimbing oleh bidan desa.

“Dalam setiap pembinaan kader Posyandu, bidan desa berperan penting dalam memberikan  pengarahan tentang kesehatan yang harus dilakukan pada saat melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Selain memberikan instruksi petugas kesehatan tersebut juga merupakan sumber utama penerima informasi terkait dengan adanya pemberian imunisasi atau pengobatan untuk masyarakat,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekmat Pangatikan Yeni Damayanti, pendamping desa bidang pemberdayaan Pedy Ahmad Hambali, bidan desa dan para kader posyandu.

Reporter : Irwan

Editor      : Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *