Warga Desa Sarimukti Pasirwangi Terganggu Bau Busuk yang Menyengat dari Tumpukan Pupuk Kandang

SEPUTAR GARUT1,123 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Masyarakat Kampung Sarimukti RT01/02, Desa Pasirwangi, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut mengeluhkan bau busuk dan menyengat yang diduga berasal dari salah satu pengolahan pupuk kandang sejak beberapa pekan belakangan.

Diakui warga setempat, Udin (41),  bahwa perihal ini bukan saja sudah disampaikan kepada Kepala Desa, namun sudah dilaporkan kepada Kepolisian dan Dinas Pertanian setempat agar dapat ditindaklanjuti.

“Kami sudah mendatangi pihak pengelola pupuk tersebut guna menyampaikan keluhan bau busuk dan menyengat yang terbau di lingkungan perumahan kami. Disitu kami meminta terhadap pihak pengelola pupuk tersebut untuk mengatasi segera bau busuk yang masuk kepemukiman warga,” ujar Udin, ketika ditemui wartawan, Jumat (20/12).

Diketahui pupuk yang menimbulkan bau busuk dan bau menyengat yang masuk kepemukiman warga itu diduga milik CV yang berada di Desa Sarimukti. Masyarakat sangat terganggu dengan bau busuk yang muncul hampir setiap siang hingga malam di saat pupuk berada di area tersebut.

Hal senada juga disampaikan Tokoh Masyarakat Desa Sarimukti yang juga Pegawai di Puskesmas Bayongbong, Yanto Susanto. Ia menuturkan, pupuk yang menumpuk tersebut persis didepan rumahnya dan menimbulkan bau busuk yang mencemari lingkungan.

“Untuk itu, atas keluhan masyarakat diharapkan kepada pihak terkait baik itu Pemerintah Desa Sarimukti beserta stackholdernya agar bersikap tegas terhadap manajemen perusahaan untuk dapat mengendalikan bau busuk yang menyengat yang menyerbak ke lingkungan warga tersebut,” tandas Yanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *