Tagana Garut Bersama Warga, Bersihkan Ribuan Kubik Eceng Gondok di Bendungan Copong

SEPUTAR GARUT1,529 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Antisipasi bencana banjir di sungai Cimanuk, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Garut bersama puluhan warga setempat, bersihkan ribuan kubik eceng gondok yang tumbuh menutupi sungai, di lokasi jembatan sampai bendungan Copong Garut, Rabu (11/12).

Ketua FK Tagana Kabupaten Garut, Sana Suntana, disela kegiatan menuturkan, untuk pembersihan eceng gondok tersebut memerlukan masa yang banyak, karena dengan kondisi hamparannya yang cukup banyak hingga mencapai 700 meter.

“Disini berbeda, kalau di Situ Bagendit akarnya kebawah, tapi kalau disini mengakar kesamping, jadi harus dipilah, dipecah baru bisa diangkat. Eceng ini kan kayak pelampung yah, mengikuti permukaan air,” ujar Sana.

Dikatakan Sana, kalau melihat jumlah hamparannya pengerukan pembersihan tidak akan mungkin bisa beres satu hari, dan ini pun butuh persiapan alat, logistik dan tenaga bantuan personel.

“Ini taksiran bisa mencapai ribuan kubik, karena dari jembatan ke bendungan itu panjangnya kurang lebih 700 meter, dan ini yang akan kita bersihkan,” jelas Sana.

Sementara Sasa Saepuloh (45) warga RW 13 Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, bersama beberapa warga lainnya tanpa rasa takut ikut turun ke sungai yang dengan kedalaman kurang lebih 3 meter. Bersama tim Tagana warga membersihkan eceng gondok tersebut.

“Ini demi keselamatan semuanya, ya kalau tidak dibersihkan kami khawatir nanti apabila hujan deras air akan naik karena terhalang eceng gondok, dan ini harus secepatnya harus dibersihkan,” tandas Sasa. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *