oleh

Pemkab Garut Rancang Tiga Titik Sentral untuk Operasi Rutin Katarak

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan merancang kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka penurunan angka penyakit katarak. Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman, usai menghadiri pelantikan Bunda Literasi di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (21/11).

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, menginginkan yang tidak bisa melihat akibat katarak di kabupaten Garut ini dilakukan operasi. Ini akan mendorong produktivitas agar tidak berkurang, karena hitung-hitungan daripada World Health Organization (WHO), penurunan produktivitas karena tidak melihat ini sangat tinggi.

“Prosentase penyakit katarak, Prevalensinya 3%, artinya kalau jumlah penduduk kita 3juta, kemudian manulanya 450ribu, maka 3% dari Manulanya,” ucap Helmi.

Dijelaskan Wabup Helmi, faktor penyebab katarak rata-rata faktor usia yang 50 tahun keatas, bisa juga kareba faktor penyebab lainnya misalnya trauma kecelakaan. Dan kenapa sekarang masih banyak yang katarak sampai sepuluh ribu pertahun misalkan, tapi yang di operasi hanya seribu, ini karena faktor biaya dan akses.

“Makanya kita sedang membuat setting untuk menetapkan tiga titik, di utara, tengah dan selatan, sebagai tempat operasi rutin, hal ini yang sedang kita rancang Pemkab Garut. Mudah-mudahan dengan rutin pelaksanaan operasi ini akan menurunkan jumlah penderita katarak, tiga atau lima tahun kedepan,” pungkasnya. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru