Anggota DPR RI Asal Garut : Nelayan Indonesia Tergolong Miskin, Kebijakan Pemerintah Belum Berpihak

MENARA GARUT857 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Rapat Kerja Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo, Kamis (21/11) di Ruang Sidang Komisi IV Gedung DPR MPR RI, Jalan Jendral Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat. Anggota DPR RI, Komisi IV, Fraksi PAN, Asal Garut Haerudin Amin, Meminta Pemerintah Maksimalkan Potensi Laut Untuk Kemakmuran Nelayan Kita. Pemerintah dapat memaksimlakan potensi laut Indonesia khususnya laut Jawa bagian Selatan.

“Kondisi di kawasan pesisir Jawa Barat Selatan tidak semuanya memiliki fasilitas penunjang nelayan dalam melakukan aktifitas perikanan tangkap. Seperti halnya pelabuhan tempat bersandarnya kapal ikan tangkap,” ucap Haerudin, Kamis (21/11).

Dikatakan Haerudin, perlu ada penyesuaian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memfasilitasi bantuan kepada para nelayan, khususnya penyediaan jenis perahu untuk nelayan yang kondisinya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Legislator asal Pameungpeuk Garut ini juga menyampaikan bahwa nelayan Indonesia masih tergolong masyarakat miskin, dikarenakan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat.

“Nelayan di Indonesia tergolong dalam kategori kelompok miskin secara struktural, karena diakibatkan kebijakan negara yang kurang berpihak kepada nelayan, selain itu dalam UUD 1945 Pasal 33 ayat 3 secara tegas melarang terjadinya monopoli Sumber Daya Alam oleh orang perorang, termasuk dalam sumber daya laut,” ungkapnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN ini juga berharap, agar negara dapat hadir dalam memanfaatkan sumber daya laut untuk kemakmuran dan kesejahteraan nelayan.

“Kita meminta negara hadir dalam pemanfaatan sumber daya kelautan utk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan nelayan kita,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *