Bakti Sosial Bersihkan Irigasi Cirompang Bungbulang, IKAPPA Hadirkan 5000 Orang

SEPUTAR GARUT1,387 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Warga masyarakat Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, bekerjasama dengan Ikatan Alumni Pondok Pesantren Al Falah (IKAPPA), gelar bakti sosial normalisasi jalur saluran irigasi Cirompang sepanjang 4.6 kilometer.

Ketua IKAPPA Agus Hidayat mengatakan, berawal dari keinginan masyarakat dan tanggapan dari pemerintah desa untuk pembersihan saluran irigasi Cirompang, dan pemerintah desa juga mengkoordinasikan kepada IKPPA yang memang sudah menjadi agenda rutin dalam agenda penyambutan tahun baru Islam.

“Alhamdulillah kemarin saluran irigasi dengan jarak 4,6 kilo meter ini, dengan kerjasama alumni, simpatisan dan masyarakat, hadir dilokasi sekitar 5000 orang untuk melakukan pembersihan saluran ini,” kata Agus, Kamis (25/09).

Lanjut Agus, setelah di cek kelapangan semuanya beres, secara teknis oleh IKAPPA bekejasama dengan Dinas PUPR, karena yang tahu lapangan dari Dinas tersebut. Masyarakat pun sangat antusias sekali karena aliran irigasi ini sangat dibutuhkan kan masyarakat untuk mengairi lahan pertanian sikitar 870 Hektar.

“Dengan kondisi kekurangan air seperti ini petani banyak yang merugi dalam panen, jangankan musim kedua, dimusim pertama saja ada yang gagal panen, penyebab dari tidak lancarnya irigasi Cirompang ini, dan mayoritas ditiga desa yang menggunakan aliran air Irigasi, 60% gagal panen. Saluran irigasi Cirompang ini sudah diajukan oleh UPT PUPR ke Dinas, namun sampai saat ini belum ada respon balik dari Dinas PUPR Kabupaten Garut,” beber Agus.

Kepala Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Pendi Efendi, mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan. Mudah-mudahan dengan kegiatan yang dilakukan bisa menjadi jalan bagi warga masyarakat, sehingga tidak ada lagi cerita kekeringan dalam mengolah pertanian padi pada musim tanam berikutnya.

“Sebelumnya terjadi alih fungsi dari sawah produktif menjadi tadah hujan, dan yang tadah hujan menjadi perkebunan,” ujar Pendi.

Sementara Camat Bungbulang, Bambang S Sos, sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan bakti sosial kerjasama IKAPPA dan masyarakat yang mengerjakan pembersihan saluran irigasi. Mudah-mudahan air yang akan digunakan untuk para petani ini kembali normal.

“Ini murni swadaya masyarakat, karena memang ini kepentingan bersama. Kedepan harus juga diagendakan pemeliharaan saluran irigasi ini, penguatan sisi kiri kanan saluran,” ungkap Camat Bungbulang.

Kegiatan bakti sosial ini dihadiri pula oleh Danramil Kapten Arif Budi Setiawan, Kapolsek AKP Alit Kadarusman. Camat Bungbulang Bambang S Sos, Kades Hegarmanah Pendi Effendi. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *