Tunjukan Karya dan Prestasi, Pengurus GANNA Kota dan Kabupaten Bekasi Kompak Gelar Rakerda

SEPUTAR JABAR1,357 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Guna mengajak para Penggiat Anti Narkoba untuk berperan lebih aktif dan semangat dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Pengurus DPW, DPD dan DPC Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) di Kota dan Kabupaten Bekasi menggelar Rapar Kerja Daerah (Rakerda) di Latansa Islamic School, Kemang Pratama 1, Bojong Rawa lumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (23/05/2024).

Ketua DPC GANNA Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Puji T. Lestari, selaku membuka acara kegiatan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba sekaligus membawa materi Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam upaya P4GN memaparkan, bagaimana strategi bagi pengurus GANNA di lingkungan masyarakat untuk bersama-sama membuat komitmen yang kuat dalam menekan tingkat penyalahgunaan narkoba di Kota/Kabupaten Bekasi.

“Dengan disiplin dan penuh tanggung jawab, Para Penggiat Anti Narkoba harus mampu menyusun dan melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2020. Dalam hal ini, para pengurus GANNA nantinya benar-benar menjadi agen perpanjangan tangan BNN sebagai penghubung juga memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas peredaran Narkoba khususnya di Kota / Kabupaten Bekasi,” ungkap Puji T. Lestari.

Puji melanjutkan, ada banyak bahasan dalam Rakerda pengurus DPW, DPD dan DPC GANNA di Kota/Kabupaten Bekasi diantaranya terkait transfaransi anggaran, penerbitan administrasi, pelantikan DPC secara serentak, rekomendasi BNK, tes urin dan penyuluhan di seluruh perusahaan hingga pembahasan seragam GANNA.

“Tadi juga dibahas terkait Surat Keputusan (SK) yang sudah diterbitkan di 13 DPC atau Kecamatan dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Sebagai wujud syukur dan merawat silaturahmi kitapun berencana untuk menggelar pengajian bergilir di masing-masing pengurus,” tandas Ketua DPC GANNA Cikarang Barat.

Ketua DPD GANNA Kota Bekasi, Ariyanto mengungkapkan, membangun kekompakan internal organisasi adalah hal yang terpenting jika ingin organisasi hidup dan eksis secara eksternal. Soliditas tim, kata Ariyanto, adalah sebuah keniscayaan ketika menginginkan kerjasama itu tercapai. Dari tim yang solid, ia akan mampu bekerja sama untuk merealisasikan setiap program-program yang sudah direncanakan pengurus GANNA.

“Membangun kekompakan organisasi tidak akan terlepas dari membangun individu-individu organisasi yang solid pula. Pemahaman membangun soliditas organisasi ini harus menjadi pemahaman semua anggota GANNA, terlebih lagi bagi pimpinan organisasi. Maka pemimpin harus memiliki pemahaman selangkah lebih maju terkait membangun soliditas tim organisasi,” terang Ariyanto.

Sementara, Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan (Kadiv. Litbang) DPW GANNA Provinsi Jawa Barat, Novi Gosal menyampaikan, dari pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Daerah ini akan semakin meningkatkan terbangunnya komunikasi, jejaring kerja dan kepedulian lingkungan masyarakat untuk melakukan penanggulangan masalah Narkoba pada sasaran dan lingkungan rawan masalah Narkoba melalui koordinasi dan sinergitas antar pengurus GANNA mulai tingkat DPW, DPD dan DPC.

“Tentunya kita sebagai Penggiat P4GN untuk berperan mengambil bagian dan peduli dalam mencegah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Kita berencana akan melakukan Bimtek disetiap DPC yang nantinya akan diberikan beberapa pengetahuan, pemahaman dan pengembangan kemampuan tentang bahaya Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba serta upaya dalam menanggulanginya,” beber Novi.

Dalam kesempatannya, Kadiv OKK DPW GANNA Provinsi Jawa Barat, Gugun Gunawan menyampaikan, organisasi yang baik salah satunya ditunjang dari kekompakan tim yang ada di dalam sebuah organisasi tersebut, apapun itu organisasinya. Kerja-kerja organisasi adalah kerja yang harus dikerjakan secara bersama-sama (kerja sama).

“Kerja-kerja besar organisasi adalah hasil dari kerja sama tim yang solid, mulai DPC, DPD dan kami dari DPW. Tidak akan mungkin kerja besar dilakukan oleh seorang diri, tanpa kerjasama. Tidak mungkin pula jika dilakukan oleh tim yang berantakan. Intinya, GANNA memiliki peran yang strategis di lingkungan dan sudah memahami permasalahan narkoba dari mulai jenis dan dampak yang ditimbulkannya. Kita bisa berkontribusi nyata dalam P4GN dengan berani, nasionalisme, netral, responsif dan inovatif,” pungkas Gugun.

Hadir dalam Rakerda GANNA Kota/Kabupaten Bekasi, Kadiv OKK GANNA Jawa Barat, Gugun Gunawan, Kadiv. Rehabilitas Eko Ari, Kadiv. Litbang, Novi Gosal, Kadiv. Humas, Nelis Suminar, Ketua DPD GANNA Kota Bekasi, Ariyanto, Wakil Ketua GANNA Kota Bekasi, Ivan Novana, Ketua DPC Cikarang Barat, Puji T. Lestari, Ketua DPC Sukatani, Enan ST, Ketua DPC Tambun Selatan, Hanif, Ketua DPC Tambun Utara, Sukma, Ketua DPC Pebayuran, Mulyana, perwakilan DPC Cikarang Utara, Yogi Saputra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *