Panwaslu Kecamatan Cibiuk Ajak Masyakarat Ciptakan Pemilu 2024 yang Berintegritas dan Berkualitas

SEPUTAR JABAR1,043 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut, ajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama ciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berintegritas, profesional, patuh regulasi dalam tahapan penyelenggaraan, sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2023 serta aturan lainnya yang berhubungan dengan Pemilu 2024.

Masa kampanye peserta Pemilu 2024, baik pasangan Capres-Cawapres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, telah dimulai tanggal 28 Nopember 2023 di seluruh Indonesia. Tentunya, dalam pelaksanaannya, Bawaslu RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota, hingga Panwaslu kecamatan dan tingkat desa/kelurahan, mengawal tahapan kampanye agar tidak terjadi pelanggaran.

Seperti halnya Panwaslu Kecamatan Cibiuk, yang terus berkoordinasi dengan penyelenggara dan Panwas Desa, dalam pemantauan masa tahapan kampanye. Hal ini disampaikan Ketua merangkap Koordinator Divisi SDM Organisasi Panwaslu Kecamatan Cibiuk, Rudi Herdiansyah S IP.

Kepada hariangarutnews.com, Rudi menyampaikan, dalam tahapan pelaksanaan pihaknya terus berkoordinasi dengan Panwas Desa. Hingga saat ini, semua berjalan dengan lancar tidak ada hal-hal yang tidak diharapkan.

Rudi menghimbau kepada jajaran Panwaslu Kecamatan Cibiuk dan Panwas Desa, dalam melaksanakan kegiatan di lapangan berpedoman pada regulasi yang ada, terutama PKPU Nomor 15 Tahun 2023, dan tugas Panwas, sesuai Pasal 105 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Yang pertama kita harus melakukan pencegahan dan penindakan, yang ada di wilayah kecamatan terhadap terjadinya pelanggaran Pemilu,” tandasnya.

Selanjutnya, kata Rudi, mengkoordinasikan, mensupervisi, membimbing serta memantau, mengevaluasi penyelenggara pemilu yang ada di wilayah kecamatan. Termasuk koordinasi dengan dinas instansi terkait di wilayah kerja.

“Saya berharap, Pemilu Tahun 2024, Pemilu yang lebih berkualitas serta demokrasi yang lebih baik,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *