Peringati Hari Lord Baden Powell, Ini Kata Mega Febrianti

MIMBAR EDUKASI2,352 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pada tanggal 22 Februari, Pramuka Indonesia merayakan Hari Kepanduan Dunia untuk mengenang Lord Baden-Powell, sosok yang menginspirasi berdirinya Gerakan Pramuka. Baden-Powell adalah seorang tokoh yang memiliki visi tentang pentingnya kepemimpinan, kemandirian, dan persaudaraan. Dia membangun landasan yang kokoh bagi Pramuka, memperkenalkan nilai-nilai yang menjadi inti dari gerakan ini hingga hari ini.

Demikian disampaikan salah seorang guru SDN Cibunar 1 Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Mega Febrianti, S.Pd, disela-sela kegiatan Upacara Peringatan HUT Bapa Pandu Sedunia di Alun-Alun Cibatu, Kamis (28/02/2024).

“Salah satu nilai paling penting dalam Gerakan Pramuka adalah persatuan dalam keragaman. Setiap tahun, jutaan anggota Pramuka dari berbagai negara berkumpul untuk merayakan Hari Kepanduan Dunia. Di tengah perbedaan bahasa, budaya, dan latar belakang, semangat persaudaraan Pramuka menyatukan kita semua dalam misi bersama untuk membentuk pemimpin masa depan dan mewujudkan perubahan positif dalam masyarakat,” ungkap Mega.

Ia melanjutkan, melalui beragam kegiatan seperti kemah, pertemuan kelompok, dan proyek pengabdian masyarakat, Pramuka membantu membentuk karakter generasi muda. Di alam terbuka, Pramuka belajar tentang ketahanan, kerjasama tim, dan kemandirian. Di masyarakat, Pramuka belajar tentang empati, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap sesama. Semua pengalaman ini, imbuh Mega, membentuk dasar yang kokoh bagi kepemimpinan yang bertanggung jawab dan berwawasan luas.

“Para pemimpin Pramuka memegang peran penting dalam membimbing, menginspirasi, dan memberdayakan anggota muda. Mereka adalah teladan yang menunjukkan dedikasi, integritas, dan semangat pengabdian. Dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan kesempatan untuk tumbuh, para pemimpin Pramuka membantu mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan dan menjadi pemimpin yang berkualitas di dalam dan di luar gerakan Pramuka,” tandasnya.

Pramuka, kata Mega, bukan hanya sekadar organisasi kepanduan biasa. Pramuka adalah agen perubahan sosial yang berkomitmen untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Melalui proyek-proyek pengabdian masyarakat, kampanye lingkungan, dan program-program sosial lainnya, Pramuka aktif terlibat dalam memecahkan masalah-masalah global dan menciptakan dampak positif dalam masyarakat.

“Pada Hari Kepanduan Dunia, kita menghargai warisan yang telah ditinggalkan oleh Lord Baden-Powell dan para pemimpin Pramuka sebelumnya. Namun, kita juga melihat ke masa depan dengan harapan dan optimisme. Dengan mempersiapkan generasi muda melalui nilai-nilai dan pelajaran yang diajarkan oleh Pramuka, kita membangun fondasi yang kuat bagi masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan,” pungkas Mega Febrianti. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *