Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN SGD Bandung Gelar Sosialisasi Partisipasi Politik Masyarakat

SEPUTAR GARUT477 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Limbangan Tengah Kecamatan Balubur (Bl) Limbangan Kabupaten Garut bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, menggelar Sosialisasi pentingnya partisipasi politik masyarakat sebagai kekuatan “Civil Society”, di aula desa setempat, Senin (05/12/2022).

Hadir dalam acara, nasumber dari UIN SGD Bandung, Dr Hasan Mustapa, mewakili kepala desa, Sekretaris Desa Limbangan Tengah, Huki Muldani S Pd I, Babinsa Sertu Dede Supardi, Bhabinkamtibmas Bripka Sugiantoro, Ketua dan anggota LPM dan BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta karang taruna.

Usai acara, Hasan Mustafa mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Karena di fakultas ada tiga unsur yang dilakukan, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Saat ini kata dia, merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik UIN SGD Bandung. Dimana Desa Limbangan Tengah menjadi objek yang dipilih.

“Mungkin kedepannya, karena ini digelarnya setahun sekali, dan kita pun ingin ke beberapa wilayah yang lain,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, lanjut Hasan, masyarakat diharapkan berperan dan terlibat aktif memaknai politik secara positif dan mentradisikan kultur politik yang positif tersebut. Kendatipun faktanya, bahwa politik yang seperti sekarang dipahami sekarang, tetapi ini jangan pesimis.

Menurutnya, orang-orang baik harus berpartisipasi dalam wilayah politik, karena akan berkepentingan terhadap kebijakan-kebijakan untuk publik atau masyarakat luas. Apalagi saat ini menjelang Pemilu 2024.

Sementara, Sekretaris Desa Limbangan Tengah, Huki Muldani menyambut baik dengan kegiatan sosialisasi tersebut. Karena menurutnya, masyarakat adalah konstituen dalam politik.

Masyarakat secara perorangan atau kelompok, turut serta aktif dalam berpolitik dengan cara menggunakan haknya dalam memilih calon pemimpin. Dan saat sekarang ini, teknologi semakin canggih, masyarakat semakin pintar dan bisa memilih mana yang terbaik. (T Supritana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *