oleh

Optimalkan Potensi Desa, Kades Ciela Bayongbong Garut Ingin Kembalikan Kejayaan Situ Cicadas

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa Ciela, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Ade Sapari mengatakan, salah satu cara mempercepat pembangunan ekonomi lokal, yaitu dengan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Program tersebut akan bermuara guna membantu pemerintah melihat dan mengembangkan kearifan lokal masyarakat.

“BUMDes diharapkan dapat menjadi lembaga ekonomi yang menjadi kunci untuk memicu pergerakan ekonomi desa ke depan. Di dalamnya terdapat aspek pemberdayaan secara utuh, tidak hanya pemberdayaan ekonomi, melainkan juga pembangunan kelembagaan, penguatan kapasitas SDM dan menajerial, pengembangan jejaring ekonomi dan hilirisasi ekonomi,” tutur Ade saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/05).

Ade berharap, Desa Ciela kedepan lebih maju dalam segala bidang utamanya dalam sosial kemasyarakatan agar lebih kondusif dan harmonis antara pemerintahan desa dengan warga. Selain itu juga Ade ingin mengoptimalkan segala potensi yang ada di desa Ciela agar mempunyai nilai ekonomi sehingga bisa memberi kesejahteraan kepada masyarakat itu sendiri.

“Salah satunya melalui pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan hal tersebut, kami memiliki harapan besar Desa Ciela bisa mengembalikan kejayaannya dimasa lalu dengan memiliki obyek wisata mata air Situ Cicadas. Untuk mendukung hal itu berarti kami harus menyiapkan SDM yang mumpuni. Sebagai solusi kami memiliki pendekatan dalam mendidik desa melalui forum warga. Kami coba latih desa dari aspek pembangunan desa termasuk BUMDes-nya. Bekerjasama dengan semua pihak juga menjadi media untuk saling bertukar informasi,” papar Ade Sapari.

Dia menambahkan, tentunya semua itu dalam landasan masyarakat yang harmonis, humanis dan religi serta memiliki pengetahuan dan pemahaman Iptek IT. Selain itu, kata Ade, layanan publik tentang kebutuhan administrasi kependudukan dan surat menyurat yang berbasis online merupakan program Desa Ciela yang sedang digalakan, pungkasnya. (TN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru